×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

0

Ilmiah

Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

Saking kecilnya, robot ini bisa berenang di dalam tubuhmu, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Samuel Sitorus

07 / 09 / 2018 16:27

 

Sejalan dengan waktu, teknologi semakin berkembang dengan pesat, salah satunya adalah robot. Robot biasanya digunakan di pabrik atau tempat produksi lainnya, namun berbeda dengan robot yang satu ini.

Robot ini khusus dibuat untuk dunia medis dan dijuluki sebagai Millirobot. Tentu penciptanya berharap robot ini dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa manusia. Memiliki ukuran yang sangat kecil, robot ini dapat bergerak dalam tubuh manusia. Penasaran bagaimana bentuk Millirobot? Yuk simak penjelasan berikut.

 

Loading...

Tak dapat dipungkiri, kini teknologi hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah kesehatan. Memiliki tubuh yang sehat tentu sangat dibutuhkan oleh manusia. Namun, apa jadinya jika tubuh manusia mengalami sakit keras?

Dilansir dari Seeker, kini telah hadir Millirobot, robot medis terkecil di dunia yang dibuat di Max Planck Institute, Jerman. Dijuluki Millirobot karena robot lunak ini memiliki panjang hanya 4 milimeter, tentu ini ukuran yang sangat kecil.

Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

 

Dengan ukurannya yang kecil, kemampuan robot ini tak dapat dipandang sebelah mata, guys. Millirobot dapat masuk ke dalam tubuh manusia dengan cara ditelan, disuntikkan atau melalui sayatan kecil di kulit. Berbeda dengan robot medis lain yang memiliki ukuran besar, dengan ukuran yang kecil, tentu Millirobot lebih nyaman untuk digunakan. Jadi kamu tak perlu khawatir menggunakan Millirobot ini.

Itu berarti, Millirobot dapat ditempatkan di mana saja sesuai dengan kebutuhan. Katakanlah yang bermasalah adalah saluran pencernaan, robot kecil nan mungil ini bisa dimasukkan sampai ke area itu dengan tanpa rasa sakit atau penggunaannya mudah, jadi tidak seperti menggunakan robot medis yang berukuran besar pada umumnya.

Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

Lho kok bisa? Tentu bisa, karena ukurannya yang sangat kecil dan terbuat dari polimer elastis, inilah kelebihan Millirobot dibandingkan dengan robot-robot medis yang lain. Kecil-kecil cabai rawit, mungkin itulah peribahasa yang sesuai untuk Millirobot.

Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

Keunikan dari robot super kecil nan mungil ini adalah kemampuannya dalam bergerak atau berpindah-pindah. Walaupun kecil, Millirobot dapat berenang, berjalan bahkan melompat dalam tubuh manusia. Kedengaranya mustahil, tapi ini sudah dibuktikan. Jadi bisa ada mainan kecil di tubuh, ya!

Millirobot, robot medis terkecil nan mungil di dunia

Untuk kasus yang berhubungan dengan sakit tertentu, Millirobot dapat membawa obat dalam dosis tertentu ke bagian tubuh yang mengalami sakit keras tersebut, sehingga obat itu hanya bekerja pada bagian tubuh yang sakit saja. Tapi yang harus diketahui adalah ukuran obat yang dibawa harus berukuran yang sangat kecil juga.

Sepertinya tak masuk akal kalau robot kecil nan mungil ini bisa membawa obat, namun ini dapat terjadi di dunia yang modern yang terus menerus berkembang. Berkat adanya Millirobot ini, dunia medis tentu mengalami dampak positif yang besar.

Nah, itulah Millirobot, robot yang kecil-kecil cabai rawit. Teknologi memang tak bisa ditahan perkembangannya dan akan terus berkembang di luar dugaan manusia. Millirobot ini bisa menjadi buktinya.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red