Pernah gak sih kamu merasa kesulitan untuk menulis sebuah artikel? Seperti kesulitan untuk memilih topik, menentukan isi artikel, dan kesulitan untuk mulai menulis kalimat yang baik dan benar.

Tenang, kali akan dibahas tips bagaimana menulis artikel dengan mudah dan memilih sebuah topik yang menarik untuk dibahas.

1. Banyak membaca.

Tips pertama yaitu memperbanyak membaca. Kenapa harus banyak membaca? Dengan membaca dapat membuka banyak kesempat pada dirimu untuk menulis sesuatu. Dengan banyak membaca kamu dapat wawasan sehinggabisa dengan mudah menemukan inspirasi untuk judul atau topik artikelmu. Terbiasa membaca tulisan orang membuat kosakatamu lebih banyak sehingga dapat menyusun kalimat dalam artikel dengan lebih mudah.

2. Membuat kerangka tulisan.

Tips yang kedua yaitu membuat kerangka tulisan. Kenapa kamu harus membuat kerangka tulisan? Dengan menulis kerangka terlebih dahulu dapat membantumu menyusun alur dari tulisan dan ketika saat menulis tidak keluar dari topik yang sedangkan kamu bahasa.

3. Mencari inspirasi.

Tips selanjutnya itu mencari inspirasi. Kenapa sih kamu harus mencari inspirasi? Dengan mencari inspirasi memperbudah kamu dalam menulis karena sudah tahu bagaimana bahasa daritulisan yang akan kamu gunakan sebagai inspirasi. Ingat, kamu tidak boleh copas (copy paste) punya orang karena hal itu plagiat, kecuali kamu mengkutip dan menyertakan sumbernya.

4. Mencari topik yang kamu kuasai.

Tips yang keempat yaitu mencari topik yang kamu kuasai. Menulis dengan topik yang memang kamu kuasai biasanya akan membuatmu lebih bersemangat dalam menulis dan membuatmu mudah untuk menulis apa. Kamu tidak harus mencari sumber lebih banyak lagi karena sudah menguasai topik tersebut.

5. Mencari sumber informasi yang terpercaya.

Tidak terasah kamu sudah berada di tahap terakhir yaitu mencari sumber informasi yang terpercaya di mana pada tahap ini kamu harus menguasai hal-hal yang kamu tulis. Kenapa demikian? Ketika menulis sesuatu kamu harus mengetahui semua topik tersebut dengan sumber yang terpercaya sehingga dapat memperkuat tulisanmu dengan fakta-fakta yang bersumber dari sumber yang konkret dan kredibel. Jangan lupa menyertakan sumbernya agar terhindar dari plagiat. Kamu harus tahu kalau plagiat itu salah satu tindakan kejahatan.

Nah, itulah lima tips mudah dalam menulis. Kalau kamu sudah paham dari setiap poin di atas, semoga dapat membantumu dalam membuat sebuah artikel.