×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengulas fakta burung puyuh, burung yang sempat viral di media sosial

0

Binatang

Mengulas fakta burung puyuh, burung yang sempat viral di media sosial

Burung puyuh adalah burung yang sangat kecil dan termasuk spesies burung dan ayam hutan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Claudius Kevin

24 / 07 / 2020 19:46

”Buwong apa tu man? Buwong puyoh?”

Ya, kata-kata tersebut memang sempat viral disebutkan oleh netizen karena sebuah unggahan video lucu. Video tersebut datang dari sebuah klip YouTube yang berisikan tentang audisi acara komedian Malaysia, Raja Lawak Astro yang berfokus pada seorang peserta pria dengan nomor antrean 1075. Ia melakukan lawakan dengan hanya mendongak ke atas dan berkali-kali menunjuk kalau ada burung puyuh di atas selama sekitar satu menit yang membuat juri menjadi bingung.

Lantas, seperti apa sih sebenarnya binatang hewan burung puyuh tersebut? 

Burung puyuh adalah burung yang sangat kecil dan termasuk spesies burung dan ayam hutan. Ia memiliki bentuk tubuh yang khas dengan tubuh kekar kecil dan sayap runcing yang panjang. Ada sekitar 20 spesies puyuh yang berbeda ditemukan di seluruh dunia, dan 70 puyuh domestik dipelihara sebagai burung unggas.

Karakteristik.

Loading...

Burung puyuh memiliki bulu yang bergaris-garis dan dalam warna biru, hitam, cokelat, krem, atau putih. Burung ini memiliki tinggi hanya sekitar 4,5 hingga 7,8 inci, sedangkan beratnya berkisar 2,4 hingga 4,9 ons. Ia memiliki kaki yang panjang dan kuat berwarna coklat. Paruh mereka pendek, melengkung, tebal, dan berwarna hitam. Lebar sayapnya bisa mencapai 32 hingga 35 sentimeter. Meski mereka memiliki sayap runcing yang panjang, mereka hanya bisa terbang jarak pendek.

Spesies puyuh yang berbeda dapat sangat beda dalam warna, ukuran, dan lingkungan yang disesuaikan. Spesies burung puyuh tertentu memiliki jambul (disebut juga bulu-bulu) di bagian atas kepala mereka yang berbentuk seperti tetesan air mata.

Habitat dan makanan.

Burung puyuh hidup di hutan, lahan pertanian, dan ruang terbuka yang tertutup semak-semak seperti padang rumput dan lahan pertanian. Mereka berasal dari Amerika Utara tetapi juga dapat ditemukan di Eropa, Australia, Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Burung ini menghuni daerah yang sama hampir sepanjang hidup mereka dan kebanyakan dari mereka tidak bermigrasi.

Mereka termasuk hewan omnivora, meskipun 95% makanannya terdiri dari bahan nabati. Makanan utama mereka mayoritas adalah biji rumput dan buah beri. Tergantung pada habitatnya, mereka juga memakan daun, akar, cacing, dan beberapa serangga seperti belalang.

Pembiakan.

Sarang burung puyuh terdapat di tanah dan lebih disukai diletakkan di daerah terbuka dan ladang sereal seperti tanah gandum, ladang jagung, beras, dan padang rumput yang kasar. Mereka mulai kawin pada usia dua bulan. Puyuh bertelur sekitar satu hingga 12 telur, namun biasanya 6 telur, tergantung spesiesnya. Telur puyuh memiliki warna-warna cerah. Anaknya menetas dari telur dalam waktu kurang dari sebulan.

Pada sebagian besar spesies burung puyuh, anakannya sudah berkembang dengan baik dan dapat meninggalkan sarangnya lalu mengikuti induknya tepat setelah mereka menetas. Anak puyuh mencapai kematangan pada usia dua bulan. Burung puyuh bertahan hidup tiga hingga lima tahun di alam liar.

Peternakan puyuh.

Burung puyuh juga dipelihara sebagai unggas atau burung komersial di beberapa bagian dunia karena daging dan telurnya yang bercorak cerah. Puyuh yang paling sering dipelihara adalah burung puyuh Jepang, yang dimulai sejak abad ke-11 di Jepang. 80% burung puyuh diternakkan di Cina. Uni Eropa menghasilkan 100 juta burung puyuh per tahun. Sebanyak  kurang lebih 1,4 miliar burung puyuh diternakkan dalam setahun di seluruh dunia.

Pertanian puyuh yang tidak diatur telah melarang sistem perumahan yang terdiri dari kandang dan lumbung yang penuh dan sesak karena menampung ribuan puyuh. Burung ini bertelur sekitar tujuh minggu dan biasanya disembelih pada usia 8 bulan. Burung puyuh yang diternakkan untuk dagingnya disembelih pada usia lima minggu. Peternakaan burung puyuh yang baik harus memastikan kesejahteraan fisik dan mental dan kehidupan alami burung puyuh.

Fakta menarik.

- Burung puyuh menghasilkan suara seperti sedang "membasahi bibir" yang mereka ulangi pada malam hari dan dapat didengar dari jarak jauh sehingga mereka sulit ditemukan.

- Telur puyuh yang berwarna dianggap sebagai makanan lezat dan merupakan makanan pokok di restoran mewah.

- Pada abad ke-11 di Jepang, burung puyuh awalnya dijadikan sebagai lagu burung.

- Tidak semua peternakan puyuh diatur dan banyak digunakan untuk bisnis komersial.

Itulah beberapa fakta di balik burung puyuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red