Tau kah anda warganet kemana perginya semua sampah yang sudah dibuang kelaut?? Bagi anda yang penasaran ini jawabannya. Semua sampah yang dibuang tersebut akan berakhir ditempat yang bernama North Pacific Gyre atau Great Pacific Garbage Patch atau lebih dikenal dengan sebutan pulau sampah.

Penyebutan pulau sampah bukan tanpa sebab lho, karena pulau ini bukan seperti pulau pada umumnya. Melainkan timbunan sampah yang berkumpul begitu banyak di Samudera Pasifik sehingga terlihat seperti pulau.

Tak disangka, inilah 'pulau' tempat semua sampah di laut terkumpul

Terdapat sekitar 1.700 mil sampah plastik yang mengapung di Great Pacific Garbage Patch. Penyebab sampah-sampah tersebut mengumpul di sana adalah karena gelombang Samudera yang disebut dengan gyre, dimana sebuah sistem gelombang Samudera yang berputar-putar mengelilingi sebuah wilayah yang tenang, sehingga mirip dengan sebuah vortex.

Sampah-sampah yang mengambang di Lautan terbawa oleh gelombang Samudera ke pusat gyre lalu terjebak di wilayah Lautan yang tenang. Setiap sampah yang datang akan menambah ukuran pulau sampah tersebut.

Tak disangka, inilah 'pulau' tempat semua sampah di laut terkumpul

Nah warganet, mulai sekarang buanglah sampah kalian pada tempatnya ya.