Mungkin banyak penggemar NBA sudah akrab dengan Logo biru dan merah serta siluet warna putih yang bening seorang pemain basket sedang sedang menggiring bola.

Nggak banyak yang tahu, ini lho sosok di balik siluet logo NBA

Tapi masih banyak yang belum tahu siapa sosok dibalik logo NBA tersebut, logo itu bukan hanya dibuat semata tapi ada makna berdasarkan pada seorang pemain NBA.

Nggak banyak yang tahu, ini lho sosok di balik siluet logo NBA

Dia adalah Jerry West seorang legenda basket NBA. Dia seorang mantan pemain basket yang bermain untuk Los Angeles Lakers pada tahun 1960 - 1974. Setelah itu dia menjadi pelatih di Los Angeles Lakers pada tahun 1976 - 1979.

Dia juga sudah terpilih sebanyak 12 kali untuk masuk ke Tim All-NBA, dan sudah 14 kali terpilih menjadi Tim All-Star. West juga pernah terpilih menjadi MVPNAll-Star pada tahun 1972. Dia memegang rekor NBA untuk poin tertinggi 46,3 per game rata-rata dalam seri play off.

Nggak banyak yang tahu, ini lho sosok di balik siluet logo NBA

Pernah bermain di sembilan final NBA, dan dia satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang diberi nama Final MVP pada tahun 1969.

Pada tahun 1980 West dilantik menjadiNaismith Basketball Hall of Fame, danmasuk dalam daftar50 Pemain Terbesar dalam sejarah NBA pada tahun 1996.

Karir menjadi pelatih.

Setelah berkarir selama 14 tahun sebagai pemain profesional NBA berakhir pada tahun 1974, West menjadi kepala pelatih LA Lakers selama tiga tahun dari tahun 1976 sampai tahun 1979.

Saat kepemimpinannya, Barat selalu membawa LA Lakers ke babak bermain off setiap saat dan juga pernah ada tempat final Wilayah Berita Barat.

Sebelum musim NBA pada tahun 1982-83 dimulai, Barat ditunjuk sebagai general manager LA Lakers. Dia membawa Los Angeles meraih enam gelar juara.

Nggak banyak yang tahu, ini lho sosok di balik siluet logo NBA

Pada tahun 2002 West ditunjuk sebagai general manager dari Memphis Grizzlies dan membantu tim ini dari tempat bermain off.

Berkat kemenangan, penghargaan West NBA Executive of the Year Award. Dia sudah mendapatkan penghargaan ini sebanyak dua kali, pertama saat menjadi manajer Lakers pada tahun 1995 dan kedua saat menjadi manajer Grizzlies pada tahun 2004.

Itulah sosok dibalik sang logo NBA.