×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal 5 karakter fiksi komik Marvel yang terinspirasi dari burung

0

Film

Mengenal 5 karakter fiksi komik Marvel yang terinspirasi dari burung

5 tokoh Marvel ini terinspirasi dari nama-nama burung yang ada di dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DharmaOne 11

23 / 09 / 2019 10:55

Marvel telah sejak lama melahirkan karakter-karakter ikonik melalui komiknya. Hingga saat ini, telah tercipta ribuan karakter dari Marvel yang menjadi lakon cerita-cerita yang sangat seru untuk diikuti, terutama oleh penggemar setia komik Marvel. Banyak hal di dunia yang menjadi inspirasi, baik untuk cerita maupun tokoh-tokoh dalam komik Marvel, salah satunya adalah burung.

Nah, 5 tokoh Marvel ini terinspirasi dari nama-nama burung yang ada di dunia.

1. Falcon.

Jika melihat film-film besutan Marvel Cinematic Universe, ada Falcon yang merupakan sahabat baik Captain America. Falcon memiliki nama asli Samuel Thomas Wilson. Samuel Wilson awalnya merupakan veteran dari pasukan angkatan udara Amerika Serikat. Setelah pensiun dari pengabdiannya di angkatan udara, Sam Wilson menemui sesamanya veteran yaitu Steve Rogers (Captain America) dan sepakat untuk bersama-sama melawan HYDRA yang menjadi musuh Captain America sekaligus S.H.I.E.L.D saat itu.

Sam Wilson mendapat kostum Falcon saat ia masih mengabdi pada angkatan udara dan terus digunakannya untuk bertarung bersama Captain America. Dalam komik dan juga film Avengers: Endgame, Falcon menjadi salah satu superhero yang mewarisi gelar Captain America karena loyalitas dan dedikasinya.

Loading...

Dalam dunia nyata, burung falcon atau yang sering kita sebut sebagai alap-alap merupakan burung pemangsa atau burung predator dari genus Falco. Terdapat kurang lebih 60 spesies alap-alap yang terdapat di berbagai penjuru dunia. Salah satu spesies alap-alap yaitu alap-alap kawah atau peregrine falcon yang merupakan hewan tercepat di Bumi dengan kecepatan terbang mencapai 390 km/jam.

2. Jean Grey (Phoenix).

Jean Grey merupakan mutan anggota X-Men dengan berbagai kemampuan seperti telepati, telekinesis, dan mampu berubah ke bentuk astral. Jean Grey merupakan salah satu mutan yang mendapatkan kekuatan dari Phoenix Force, entitas kosmik dalam jagad Marel yang mampu memberikan kekuatan besar dan keabadian bagi siapa saja yang menjadi inangnya.

Awalnya Jean Grey mengetahui bahwa ia adalah seorang mutan dari Professor Xavier yang sama-sama memiliki kemampuan telepati dan telekinesis. Kemampuan Jean Grey ini muncul ketika dirinya mengalami depresi berat setelah seorang sahabatnya meninggal. Dengan berbagai kekuatannya yang sangat hebat, Jean Grey menjadi salah satu mutan terkuat dalam X-Men dan menempati jajaran mutan level omega atau mutan dengan kekuatan tak terbatas. Dalam komik, Jean Grey menikah dengan sesama mutan yaitu Cyclops dan banyak melakukan perjuangan bersama.

Phoenix sesungguhnya merupakan burung fiksi yang memiliki wujud seperti rajawali dengan ekor api (beberapa versi menyebutkan sekujur tubuhnya dipenuhi api). Phoenix dalam cerita-cerita fiksi merupakan lambang keabadian karena ketika seekor phoenix mati dan abu serta bulunya masih tersisa, phoenix dapat hidup kembali dan melangsungkan hidupnya seperti sedia kala. Phoenix selain menjadi simbol keabadian juga menjadi simbol kehidupan bahagia di surga, sesuatu yang langka (terpilih), kehidupan kembali, dan konsekrasi (kesucian).

3. Mockingbird.

Mockingbird yang bernama asli Barbara Morse merupakan seorang gadis bergelar Ph.D di bidang biologi. Barbara Morse anggota Agent of S.H.I.E.L.D yang diimpin oleh Nick Fury. Barbara Morse tadinya merupakan seorang ilmuwan yang berusaha meneliti mengenai serum Super Soldier yang dipakai Captain America. Melihat hal ini, Nick Fury merekrutnya menjadi agen S.H.I.E.L.D. sebagai anggota dari S.H.I.E.L.D. Mockingbird  merupakan agen yang menguasai seni beladiri dan memiliki kelincahan dan ketangkasan yang sangat baik dalam bertarung.

Diceritakan dalam komik, Mockingbird berpetualang bersama seorang anggota S.H.I.E.L.D yang memiliki ketepatan memanah yang luar biasa, yaitu Clint Barton atau dikenal dengan Hawkeye yang kemudian menjadi suaminya. Keakraban Barbara Morse dan Hawkeye tercipta ketika bersama-sama bertugas dalam tim West Coast Avengers. Pada cerita yang lain, Barbara Morse juga diceritakan pernah menikah dengan sesama anggota S.H.I.E.L.D lainnya, yaitu Lance Hunter.

Mockingbird dalam dunia hewan merupakan burung dari famili Mimidae dan dari genus Mimus. Mockingbird dikenal sebagai burung yang dapat menirukan suara atau ocehan lebih dari 20 spesies burung yang berbeda. Mockingbird dapat tumbuh hingga panjang 27 cm dan pada umumnya memiliki bulu berwarna abu-abu dengan warna bulu pada sayap yang lebih gelap. Mockingbird merupakan burung yang dapat dijumpai di Amerika Serikat hingga Mexico.  

4. Vulture.

Vulture dikenalkan kepada masyarakat luas melalui komik, serta melalui film Spiderman: Homecoming yang tayang pertengahan tahun 2017. Vulture adalah seorang penjahat (supervillain) yang merupakan anggota dari kelompok penjahat bernama sinister six yang memiliki satu tujuan, yaitu memburu Spiderman dan membunuhnya.

Vulture memiliki nama asli Adrian Toomes. Adrian Toomes menjadi seorang kriminal karena ingin membalas dendam pada Tony Stark yang mendepak perusahaanya dari kerja sama dengan Stark Industries dan lebih memilih bekerja sama dengan Department of Damage Control buatan S.H.I.E.L.D. Adrian Toomes yang memilih menjadi seorang kriminal akhirnya mengumpulkan kembali para mantan pekerjanya untuk membantunya menjual senjata-senjata dan seperangkat teknologi milik Chitauri hasil insiden Avengers di New York yang pernah ia kumpulkan. Adrian Toomes terus melakukan berbagai macam tindakan perampokan untuk bisa membuat sekaligus menjual senjata ilegal. Agar lebih ditakuti oleh masyarakat, Toomes membuat armor mirip dengan teknologi Iron Man berbahan logam yang memiliki sayap yang akhirnya membuat dirinya disebut sebagai penjahat bernama Vulture.

Vulture (bahasa Inggris) dalam dunia aves dikenal sebagai burung nazar atau burung pemakan bangkai. Ia merupakan burung karnivora yang banyak dijumpai di daerah Afrika meskipun beberapa spesies dapat dijumpai di daerah lainnya baik daerah tropis maupun subtropis. Terdapat kurang lebih 22 spesies dari burung nazar dengan 15 spesies merupakan spesies lama dan tujuh spesies termasuk burug Condor merupakan spesies-spesies baru. Burung nazar umumnya dapat mendeteksi keberadaan hewan atau makhluk hidup yang mati dari jarak jauh. Dalam memakan bangkai, burung nazar memiliki aturan yang terbilang unik yaitu burung yang memiliki badan lebih besar dan paruh yang lebih kuat berhak makan terlebih dahulu.

5. Songbird.

Dalam komik Marvel, Songbird merupakan anggota Young Avengers. Songbird awalnya merupakan seorang gadis yang bernama Melissa Gold. Melissa Gold harus menjalani kehidupannya yang jadi serba susah karena ibunya yang masuk penjara dan ayahnya yang suka bermabuk-mabukan. Melissa Gold kemudian mendapat pertolongan dari seorang pegulat untuk belajar ilmu beladiri. Setelah menguasai ilmu beladiri, Melissa mengabdi pada Helmut Zemo, penjahat yang menjadi musuh para Avengers. Dalam pengabdiannya dengan Zemo, Melissa banyak mendapatkan kelebihan-kelebihan selain imu beladiri yang ia miliki.

Teknisi Zemo membuatkannya baju yang dapat mengeluarkan sayap digital yang membantunya terbang. Melissa juga mendapat kekuatan untuk mendeteksi keberadaan seseorang melalui sonar dan mampu mengeluarkan suara teriakan untuk menyerang seseorang secara fisik. Dengan segala kemampuannya yang semakin hebat dan terasah, Melissa menggunakan nama Songbird dan berpetualang bersama Thunderbolts, kelompok penjahat baru yang beranggotakan Baron Zemo. Setelah Zemo mati, Thunderbolts perlahan-lahan kehabisan anggota hingga pada akhirnya bubar. Songbird kemudian memutuskan untuk bergabung bersama Young Avengers yang beranggotakan Wiccan, Hulkling, Kid Loki, dan Squirrel Girl dan bersama-sama memberantas kejahatan.

Songbird atau burung passerine dalam dunia aves merupakan anggota dari ordo Passeriformes yang memiliki kurang lebih 4000 spesies atau setara dengan hampir separuh jenis burung yang ada di bumi. Kebanyakan burung yang bisa bernyanyi atau burung oceh-ocehan termasuk ke dalam kelompok songbird. Ciri khas yang paling mencolok dari burung ini adalah tentu saja kotak suara yang berkembang dengan baik sehingga menghasilkan suara yang indah.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red