Korea Selatan berhasil mengklaim medali emas cabang olahraga sepakbola di Asian Games 2018 setelah mengandaskan perlawanan Jepang dengan skor tipis 2-1. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pekansari, Bogor, Sabtu (1/9), Tim Taegeuk Warriors harus menunggu hingga perpanjangan waktu untuk meraih medali emas di cabang olahraga terfavorit ini.

Di sepanjang 90 menit waktu normal, kedua tim tidak kunjung menghasilkan gol. Baru setelah diadakan babak extra time, Korsel bisa pecah telur melalui gol Lee Seungwoo menit ke-93 dan digenapi oleh gol tandukan Hwang Hee Chan yang memanfaatkan umpan terukur Son Heung Min di menit 101.

Jepang sebenarnya bisa memperkecil ketinggalan saat tendangan penjuru Ryo Hatsuse di menit 115 sukses dikonversi menjadi gol oleh tandukan kepala Ayashi Ueda. Sayangnya, Tim Samurai Biru gagal memaksimalkan waktu yang tersisa.

Dengan hasil ini, Korea Selatan berhak mendapatkan medali emas Asian Games 2018. Tapi bukan hanya itu, Son Heung Min dkk juga terbebas dari keharusan mengikuti wajib militer di negara mereka yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan tentunya sangat melelahkan sekaligus juga merepotkan bagi mereka yang notebene terikat dengan pekerjaannya sebagai seorang atlet olahraga.