BTS, singkatan untuk Bangtan Seonyondan,adalah grup K-pop asal Korea Selatan yang sedang hangat saat ini. Tidak hanya di Asia, grup ini juga sangat populer di Amerika Serikat. Namun meskipun disebut grup K-Pop, ternyata beberapa orang tidak mengkategorikan BTS sebagai grup K-pop, lho! Hal ini dikarenakan musik yang mereka buat berbeda dengan musik pop lainnya. Mereka kerap berkesperimen dengan genre lain seperti EDM, ballad, british alternative rock, hingga hip-hopyang notabene merupakan konsep awal grup ini saat debut. Lirik dari lagu hip-hop yang mereka buat punmeliputi berbagai aspek sosial yang ada di masyarakat sekarang ini serta memiliki makna yang dalam. Penasaran? Langsung aja deh, berikut 5 lagu BTS bergenre hip-hop yang wajib banget kamu dengarkan! Jangan lupa baca liriknya, ya!

BTS Cypher pt. 3: KILLER

Bukan hanya genre pop, ini 5 lagu hip-hop BTS yang wajib kamu dengerin

Semenjak debutnya pada tahun 2013 silam, BTS telah mendapatkan kebencian dari berbagai kalangan. Karena itu, banyak lagu dari mereka memang ditujukan untukhaters.

BTS Cypher pt. 3: KILLER adalah salah satu dari rangkaian BTS Cypher yang ditulis oleh rapline BTS tentanghaters. Dalam lagu ini,mereka menjawab anggapan orang-orang terhadapidol rapper yang dinilai tidak berbakat atau bahkan sempat disebutrapper gadungan. Dengan lirik yang tajam, serta diiringi musik yang apik, lagu ini wajib ada di daftar putar lagu kamu!

Mic Drop

Bukan hanya genre pop, ini 5 lagu hip-hop BTS yang wajib kamu dengerin

Buat kamu yang masih awam sama BTS, mungkin ini lagu paling familiar di antara lagu-lagu lainnya. Lagu ini memiliki empat versi yang di antaranya merupakan remix dari DJ ternama yaitu Steve Aoki dan rapper Desiigner membawa lagu ini menembus chart musik bergengsi Billboard Hot 100 dengan peringkat ke-28.

Masih ditujukan kepadahaters, "Mic Drop" berisi tentang kesuksesan BTS yang telah meraih segudang penghargaan hingga BBMAs pada 2017.

Haters gon' hate
Players gon' play
Live a life, man
Good luck

Outro: Tear

Satu lagi lagu dari rapline BTS,namun kali ini tema yang diusung sedikit berbeda. Bukan tentang haters lagi, lagu ini mengekspresikan perasaan patah hati dalam perpisahan. Musik yang digunakan dalam lagu ini memadukan instrumental piano dari drama merekayang telah rilis sebelumnya yaituHightlight Reel,dengan musik hip-hop serta lirik emosional yang dibawakan secara tajam, membuat pendengar merasakan perasaan yang campur aduk saat mendengarnya.

Spine Breaker

Pemutus tulang belakang! Setidaknya itu arti kasar dari judul lagu ini. Tidak jauh dari judulnya, lagu ini menyindir anak-anak yang menjadi "pemutus tulang belakang" orangtua mereka dengan selalu meminta barang-barang mahal. Padahal, barang-barang tersebut tidak semena-mena jatuh dari langit. Orangtua mereka harus bekerja keras untuk itu hingga diibaratkan sampai memutus tulang belakang mereka karena saking kerasnya. Lirik yang digunakan pun cukup pedas, jadi jangan marah, ya, kalau tersindir!

But I do what I gotta do,
I dont break my parents spines
The true beaker is you,
who is old and stuck in your room

Silver Spoon

Silver spoon atau sendok perak memiliki makna kekayaan yang didapat dari warisan keluarga. Seseorang yang lahir dalam keluarga berada diibaratkan sebagai "orang yang lahir dengan sendok perak di mulutnya". Lagu ini menyampaikan pesan untuk para remaja yang lahir tanpa sendok perak untuk bekerja keras dan menunjukkan bahwa tiap usaha akan berbuah hasil. Mereka menganalogikan diri mereka sebagai baepsae atau burung gagak Korea yang memiliki kaki yang sangat kecil, akan tetapi berusaha untuk berjalan seperti burung bangau yang berkaki panjang, memiliki makna bahwa kita harus berusaha meskipun hal yang kita lakukan dianggap tidak mungkin dan beresiko.

5 lagu di atas hanya beberapa dari banyak lagu hip-hop BTS lainnya.