Aliansi Masyakat Adat Nusantara (AMAN) cabang Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, Mengadakan Festival Kuliner Perempuan Adat (mehampar wadai/ menyajikan kue), diselenggaran pada hari minggu 29 oktober 2017, yang berlokasi di sepanjang Jl. Jalan Prakusuma Yudha Pangkalan Bun.

Memanjakan mata dan lidah dalam Festival Mehampar Wadai

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. dalam kegiatan ini para perempuan menampilkan sebanyak 58 jenis kue.

Memanjakan mata dan lidah dalam Festival Mehampar Wadai

sebelum acara dimulai ada yang menarik dan menjadi pusat perhatian masyarakat pangkalan bun, yaitu dihadiri oleh wisatawan asing yang berasal dari Belanda. Para wisatawan asing mengamati semua jenis kue yang disajikan dalam kegiatan tersebut. Mereka antusias dan menanyakan satu per satu jenis kue.

Memanjakan mata dan lidah dalam Festival Mehampar Wadai

Masyarakat pangkalan bun tidak ketinggalan untuk menghadiri kegiatan tahunan dan menunggu sampai sampai acara selesai.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para perempuan bisa lebih mandiri, lebih kreatif dan inovatif untuk kesejahteraan dan keberlanjutan hidup. Kegiatan seperti ini perlu di kembangkan agar menjadi motivasi bagi para perempuan di seluruh Nusantara dan perempuan internasional. Sesuai dengan konsep Sustainable Development Goals oleh masyarakat Internasional yaitu Kesetaraan Gender dan pemberdayaan perempuan.