Mungkin kamu sering berpikir bahwa untuk bisa disebut sebagai penulis, kamu harus menerbitkan buku dan menjualnya di pasaran. Eits, siapa bilang? Menulis blog secara konsisten dan memiliki audience yang loyal juga udah termasuk langkah writerpreneurship, lho. Nama-nama seperti Raditya Dika dan Diana Rikasari udah membuktikan sendiri bahwa blogger juga bisa sukses.

Lalu, apa yang harus dilakukan supaya blog kita sukses disukai banyak orang? Nah, untuk kamu yang masih pemula sebagai blogger, simak yuk, gimana cara set up blog yang oke di artikel berikut!

Menulis untuk Diri Sendiri

Sebelum terlalu khawatir soal konten blog kamu bakal disukai orang atau nggak, kamu harus ingat bahwa menulis blog sama aja dengan menulis untuk diri sendiri. Pilih topik yang kamu sukai untuk ditulis. Misalnya, seperti Raditya Dika, kamu bisa menulis kisah sehari-hari yang dikasih sedikit bumbu komedi. Atau, kalau kamu suka fashion seperti Diana Rikasari, kamu bisa buat fashion blog yang berisi outfit of the day kamu atau review outfit yang dipakai para seleb. Masih banyak banget lho, topik yang bisa diangkat sebagai tema, mulai dari traveling sampai kuliner. Just be yourself!

Just Be Consistent!

Nah, kalau udah menemukan topik apa yang tepat untuk blog kamu, just try to write, write, and write! Post tulisan minimal seminggu atau dua minggu sekali, bahkan kalau bisa lebih sering lagi. Hal ini bisa bikin pembaca menyadari eksistensi kamu di dunia blogging. Tambahkan juga konsistensi posting itu dengan sharing link blog kamu melalui media sosial pribadi. Minta orang sekitar seperti teman atau saudaramu untuk bantu share. Jangan lupa juga untuk minta masukan mereka, yang bisa dimanfaatkan agar blog kamu bisa jadi lebih baik lagi.

Hargai Pembacamu

Ketika keberadaan blog kamu udah mulai stabil dan konsisten, jangan lupa untuk acknowledge kehadiran pembacamu. Walaupun mungkin masih termasuk berjumlah sedikit, nggak perlu berkecil hati. Thats one step further to success! Berikan apresiasi kepada pembaca, misalnya dengan cara membuat satu blog entry yang mention mereka atau sekadar rajin membalas komentar-komentar mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan semakin semangat membaca blog kamu. So, keep writing!

Terus Cari Ide

Pada saat kamu kehabisan ide dan bingung mau menulis apa, melibatkan pembaca bisa sangat membantu, lho. Coba deh, tanyakan apa yang mereka mau baca atau mau tahu selanjutnya di akhir salah satu blog entry kamu. Selain mendapat ide baru, kamu jadi bisa menjalin hubungan lebih dekat dengan pembaca dan memahami tentang selera membaca mereka.

Lalu, terus tambah wawasan dan pengetahuan dengan banyak membaca, menonton, atau memerhatikan isu yang sedang hangat. Dengan begitu, bakal ada banyak hal yang bisa dibahas di dalam blog kamu.

Gimana? Semakin semangat untuk menjadi blogger, kan?