Mengejar mimpi dan meniti karir merupakan pilihan setiap orang. Sebagian orang memilih untuk memiliki karir sedangkan lainnya berusaha untuk membuat tempat dimana orang bisa bekerja dan berkarir pada usahanya, semuanya sama-sama mencerminkan keinginan untuk hidup lebih baik.

Google adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berfokus pada produk dan layanan yang berkaitan dengan internet. Google memiliki sederetan produk dan jasa.

Perusahaan multinasional asal Amerika ini tercatat sebagai perusahaan paling diminati oleh para pencari kerja. Selain karena gaji yang tinggi, bekerja di Google juga memberi banyak keuntungan seperti jaminan kesehatan serta kultur kerja menyenangkan.

Seperti yang dikutip liputan6.com, Senin (31/07/2017), Google hanya mempekerjakan 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun. Google juga jelas tidak sembarang menerima staff dan akan menerima staff yang memiliki skill yang handal, punya kreativitas yang tinggi, dan punya kemampuan di atas rata-rata.

Jika anda berharap suatu saat ingin bekerja di google, maka mungkin keahlian-keahlian berikut ini bisa anda pelajari, tidak perlu semua, cukup satu atau dua saja namun anda memahami secara mendalam.

1. Programming

Setidaknya satu bahasa pemograman berorientasi object seperti C++, Java atau Phython. Anda bisa belajar dari MIT OpenCourceWare atau situs-situs belajar online lainnya.

2. Testing

Melakukan pengujian atau testing dari program yang dibuat sama pentingnya dengan membuat program itu sendiri. Google ingin engineer mereka bisa mendeteksi bug, membuat tes debugging dan mencari celah dari software yang mereka buat.

3. Matematika

Komputer sangat erat hubugannya dengan matematika. Google ingin karyawannya memahami matematika abstrak seperti logika dan matematika diskrit.

4. Algoritma dan Struktur Data

Memahami dasar-dasar jenis data seperti stacks, queues atau bags dan memahami algoritma pengurutan seperti quicksort, merge sort atau heapsort adalah penting menurut google.

5. Sistem Operasi

Sebagian besar pekerjaan di google menggunakan komputer jadi tentu saja kemampuan dan pengetahuan tentang sistem operasi sangat dia butuhkan.

6. AI (Artificial Intelligence) / Kecerdasan Buatan

Kantor google penuh dengan robot, merekapun memiliki banyak engine yang bisa bekerja secara otomatis. Jadi jika ingin bekerja di google maka tidak ada salahanya anda belajar tentang kecerdasan buatan / Artificial Intelligence dan seluk-beluknya.

7. Cryptography

Google memiliki banyak produk online dan tentu mereka ingin semua berada dalam pengamanan yang baik. Jadi jika anda paham kriptografi tentu menjadi kandidat potensial bagi google.

8. Parallel Programming

Konsepnya anda harus mampu melakukan beberapa penghitungan dalam waktu yang bersamaan, dan ini cukup disukai google.

9. Membuat Compiler

Google memahami bahwa program yang ditulis untuk dimengerti oleh manusia secara sistematis tentunya di translate atau diartikan untuk bahasa assembly tingkat rendah yang akhirnya dimengerti oleh mesin.

10. Bahasa Pemograman Lain

Tidak ada salahnya anda belajar bahasa pemograman lain selain yang anda kuasai saat ini, anda bisa mempelajari Javascript, Ruby, HTML5 dan sebagainya.

Tentunya mencari pekerjaan terbaik adalah keinginan setiap orang. Pekerjaan yang layak dengan gaji yang besar menjadi idaman kita semua.