YouTube merupakan aplikasi menonton video terbesar saat ini dengan jumlah jam tayang jutaan jam per hari di seluruh dunia. YouTube berisi ribuan konten menarik dengan beragam niche dan genre, mulai dari humor hingga horor ada di YouTube.

Saat ini, YouTube bukan hanya sekadar hiburan saja, melainkan juga sebagai tempat mencari uang. Di Indonesia sendiri ada ratusan ribu conten creator YouTube yang setiap hari mengunggah video mereka guna mencari pundi-pundi pendapat baik dari adsense hingga mengiklankan produk pribadinya.

Menjadi conten creator YouTube hingga menghasilkan uang bukan merupakan sesuatu yang mudah karena ada beberapa hal yang perlu kamu punya dan kuasai kalau ingin jadi conten creator sukses layaknya Atta Halilintar hingga Calon Sarjana.

Lantas, apa beberapa hal tersebut? Berikut ini lima hal yang perlu kamu punya.

1. Niat dan kemauan.

Mau jadi YouTuber? 5 Hal ini yang harus kamu punya

Hal pertama yang harus kamu punya adalah niat dan kemauan. YouTuber besar seperti Calon Sarjana dahulu juga merupakan akun yang kecil. Karena kemauan dan niat yang tinggi dari creatornya serta kerja keras tanpa rasa malas bisa membuat channel Calon Sarjana sebesar sekarang.

Kebanyakan conten creator sekarang ini belum apa-apa sudah menyerah karena mereka merasa konten tidak laku, jelek, dan dihujat atau dikomentari jelek sehingga para conten creator baru merasa sakit hati dan malas untuk membuat konten. Padahal conten creator sekelas Calon Sarjana saja dulu juga merasakan hal seperti ini, namun mereka punya kemauan kuat untuk berproses.

2. Kamera (digital/smartphone).

Mau jadi YouTuber? 5 Hal ini yang harus kamu punya

Bagi kamu yang ingin membuat channel dengan konten vlog, perangkat pertama yang harus kamu punya adalah kamera, baik digital maupun kamera dari smartphone. Seperti yang dilansir dari laman suara.com (10/18), YouTuber sejati adalah memiliki perlengkapan dan peralatan yang mendukung. Ini penting, karena kamu membutuhkan alat penunjang untuk menghasilkan sebuah video yang memiliki kualitas baik. Selain itu, perangkat pendukung agar vlogmu berkualitas juga perlu adanya, yaitu mic hingga stand kamera.

3. Laptop/PC dan aplikasi editing.

Mau jadi YouTuber? 5 Hal ini yang harus kamu punya

Sebenarnya laptop/PC merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki untuk menjadi seorang conten creator. Karena, dengan menggunakan laptop/PC memudahkan dalam editing video agar terlihat lebih profesional. Akan tetapi editing menggunakan smartphone pun bisa.

Editing vidoe melalui laptop/PC akan lebih mudah dan hasilnya sangat memuaskan daripada hanya menggunakan editing video melalui smartphone. Ada beberapa aplikasi editing video yang recommend buat kamu, misalnya adalah Adobe Premiere Pro baik CS/CC, Sony Vegas hingga Filmora.

Namun bila kamu belum punya perangkat komputer, dapat pula menggunakan aplikasi editing video di smartphone-mu yang hasilnya dapat kamu adu dengan video hasil edit lewat laptop/PC. Ada beberapa aplikasi yang recommended buat kamu gunakan, yaitu Kinemaster dan filmora.

4. Studio.

Mau jadi YouTuber? 5 Hal ini yang harus kamu punya

Studio ini buat apa? Bagi kamu yang ingin membuat konten review barang hingga konten cover lagu, studio yang kedap suara atau tempat yang cukup sunyi sangat membantumu dalam memaksimalkan suaramu sehingga video yang dihasilkan bersih dari suara lain dan noice.

5. Akses internet.

Mau jadi YouTuber? 5 Hal ini yang harus kamu punya

YouTube merupakan aplikasi menonton video berbasis daring. Maka menjadi sebuah hal wajib di mana video dari para creator diunggah menggunakan akses internet. Selain itu, akses internet yang lancar juga memudahkan mencari bahan dan riset materi jika kamu ingin jadi conten creator seperti Calon Sarjana.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu miliki ketika ingin menjadi seorang conten creator yang mengunggah konten video profesional. Kamu sedang berjuang untuk mengembangkan channel YouTube-mu? Selamat berjuang dan jangan pantang menyerah. Salam.