×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mau beli HP baru buat menunjang bisnis online? Ini 5 tipsnya

0

Gadget

Mau beli HP baru buat menunjang bisnis online? Ini 5 tipsnya

Bisnis online lancar, orderan pun berdatangan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kredivo FinAccel

29 / 03 / 2018 20:35

Di era teknologi ini, banyak orang yang menjadikan bisnis online sebagai sumber penghasilan, baik itu penghasilan utama maupun penghasilan sampingan. Alasannya sederhana, bisnis online jadi solusi buat orang-orang yang mau mulai berbisnis namun ga punya cukup modal dan cenderung lebih praktis untuk dikelola.

Dengan berbisnis online, kamu ga perlu lahan untuk menjajakan jasa atau barang dagangan. Bahkan kamu bisa mulai berbisnis tanpa harus punya barang untuk dijual, yaitu dengan jadi reseller dan ngambil keuntungan dengan jual produk orang lain. Selama kamu punya gadget seperti smartphone, laptop, atau tablet yang tersambung dengan internet, kamu bisa mulai berbisnis online.

Supaya bisnis online yang berjalan secara maksimal, kamu membutuhkan gadget yang mumpuni untuk menunjang aktivitas bisnis online-mu. Salah satu gadget paling efektif untuk menjalani bisnis berbasis internet ini adalah smartphone. Kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari berkomunikasi dengan pembeli, mendokumentasikan barang jualan, hingga melakukan promosi di internet.

Ga semua smartphone cocok untuk bisnis online. Jika kamu berencana untuk membeli smartphone yang mampu membantumu menjalankan aktivitas bisnis online, sebaiknya kamu menyimak tips berikut ini terlebih dahulu.

1. Sesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan bisnis

Terdapat beberapa sistem operasi populer yang disematkan pada smartphone, misalnya Android, iOS, Blackberry. Sistem operasi tersebut punyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sistem operasi Android lebih disarankan jika kamu sering mengunduh aplikasi. Sebab di Android, kamu bisa memilih untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store atau menginstal APK (Android Package Kit) yang diunduh dari situs manapun. Jika kamu mengutamakan keamanan, iOS merupakan pilihan terbaik karena sistem operasi ini menggunakan sistem closed source.

Loading...


Dengan sistem open source, banyak ancaman berupa malware, virus, potensi hacking, dan sebagainya yang kerap merisaukan. Sedangkan sistem open source di iOS membuat pengguna hanya bisa menginstal aplikasi dari Apple Store yang sudah terjamin kualitasnya. Apabila kamu mau memisahkan informasi personal dengan bisnis, maka Blackberry bisa menjadi pilihan tepat.


2. Pilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar

Apabila kamu menjual barang, sebaiknya pilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Tujuannya untuk menyimpan seluruh data-data penting seperti foto produk, data transaksi, hingga kontak partner bisnis. Apalagi jika kamu menjual barang-barang fashion yang membutuhkan banyak katalog gambar untuk diperlihatkan ke pelanggan, tentunya kapasitas memori yang besar sangat penting untuk menyimpan foto-foto produk. Selain memori internal yang besar, sebaiknya pilih smartphone yang punya slot memori eksternal untuk jaga-jaga ketika memori internal ga cukup untuk menyimpan datamu.


3. RAM besar untuk multitasking

Bagi seorang pebisnis online, smartphone yang mampu melakukan kegiatan multitasking tentu menjadi dambaan. Sebab, ada banyak hal yang harus dilakukan secara bersamaan dalam sebuah smartphone. Mulai dari mempromosikan produk di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, hingga membalas chat pelanggan, tentu kamu ga mau seluruh aktivitas bisnismu tiba-tiba terhenti kan karena smartphone nge-lag? Maka dari itu, sebaiknya pilih smartphone dengan RAM minimal sebesar 2 GB. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache dan history minimal setiap minggu supaya smartphone-mu ga lemot.


4. Fitur kamera beresolusi tinggi

Berbeda dengan bisnis offline yang memungkinkan pelanggan melihat kondisi barang sebelum membelinya, bisnis online mengandalkan foto dan gambar sebagai etalase produk, sehingga kualitas foto pun punya peran besar yang bisa menarik minat pelanggan. Maka dari itu, penting bagi para pelaku bisnis online untuk memilih smartphone dengan kualitas kamera yang tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mendokumentasikan detail produk dengan baik, tanpa memerlukan kamera profesional.


5. Produsen smartphone terpecaya

Menentukan merek smartphone memang bukan hal yang esensial. Namun, sangat disarankan bagi para pebisnis online untuk memilih produsen smartphone yang sudah teruji kualitasnya. Dengan memilih produsen smartphone terpecaya, tentu barang yang kamu dapatkan juga berkualitas, sehingga kamu bisa lebih puas dan masa pakainya pun bisa lebih lama.


Ga perlu berpikir dua kali untuk membeli smartphone baru, selama masih masuk dalam bujetmu dan mampu untuk membantumu melakukan aktivitas bisnis. Apabila dana yang kamu miliki saat ini digunakan untuk menambah modal bisnis lainnya, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit HP, salah satunya melalui Kredivo.

 

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red