Salah satu cara untuk membuat tampilan rumah menjadi semakin indah dan asri adalah, dengan menempatkan tanaman hias di pekarangan, teras atau mungkin ruang tamu. Banyak pilihan tanaman hias yang bisa dimanfaatkan, yang tentunya disesuaikan dengan minat si pemilik rumah dan dimana tanaman tersebut akan ditempatkan.

Bagi para penggemar tanaman hias, apalagi orang-orang yang berkantong tebal, pilihan tanaman hias yang cantik, indah dan harganya super mahal adalah pilihan. Nah, diantara jenis-jenis tanaman hias yang harganya selangit, ada beberapa yang harganya justru bikin mata melongo dan tidak masuk akal, namun memang benar adanya.

Dilansir dari okezone.com (22/5), setidaknya ada 4 jenis tanaman hias yang dulunya berharga super mahal, bahkan bisa bikin kantong jebol, yaitu:

1. Aglonema

Masih digemari, 4 tanaman hias ini harganya dulu bikin kantong jebol

Foto: santaisaja.net

Tanaman hias jenis ini sampai sekarang masih terlihat menjadi hiasan di pekarangan atau teras rumah, meskipun harganya tak semahal dulu. Tanaman ini sebenarnya tidak memiliki bunga, yang ada hanya daun saja. Namun, justru di warna daun itulah yang menjadikan tanaman ini unik.

Terdapat tiga warna kontras pada tiap helai daun Aglonema, yang membuat tanaman ini begitu cantik. Tanaman ini pernah menjadi komoditas ekspor dan impor. Pada masa jayanya, harga tanaman ini sempat menyentuh harga 25 ribu sampai 500 ribu rupiah, untuk setiap helai daunnya.

2. Anthurium

Masih digemari, 4 tanaman hias ini harganya dulu bikin kantong jebol

Foto: jitunews.com

Sulit untuk mengatakan bahwa tanaman ini tidak cantik. Bisa kita lihat dari tampilan, yang meskipun hanya berbentuk daun, namun warna-warnanya sangat indah. Pada tahun 2006, tanaman ini mendapat predikat sebagai tanaman hias terbaik dan terlaris.

Pada tahun yang sama, tanaman ini juga mendapat predikat sebagai tanaman hias termahal. Kala itu, harganya menyentuh angka 5 juta rupiah, hanya untuk setiap helai daunnya saja.

3. Juliet Rose

Masih digemari, 4 tanaman hias ini harganya dulu bikin kantong jebol

Foto: liagriffith.com

Bunga mawar jenis ini begitu populer, bahkan sampai mengalahkan kepopuleran dari jenis-jenis bunga mawar lainnya. Bahkan, harga tanaman hias yang satu ini sempat menyentuh angka 200,7 miliar rupiah, wow!

Bunga yang terlihat simple, namun anggun dan berkelas ini, katanya dihasilkan dari sebuah penelitian, yang juga memakan biaya tidak murah. Mungkin hal inilah yang menjadikan harga Juliet Rose sangat mahal.

4. Sansevieria

Masih digemari, 4 tanaman hias ini harganya dulu bikin kantong jebol

Foto: worldofsucculents.com

Sekilas tidak ada yang aneh, unik dan menarik dari tanaman hias yang satu ini. Bahkan, beberapa orang berpendapat, tanaman yang satu ini cukup berbahaya untuk dijadikan tanaman hias, bagi rumah yang ada anak kecil di dalamnya. Anggapan tersebut tidak berlebihan, mengingat ujung daun dari tanaman ini sangat tajam seperti duri.

Namun, Sansevieria tetaplah menjadi tanaman hias yang banyak digemari hingga saat ini. Bentuknya yang hanya berupa daun namun kaku, tegas dengan warna yang penuh corak, menjad daya tarik tersendiri, bagi para penggemar tanaman hias. Bahkan dulu, harga tanaman ini sempat menyentuh angka 10 juta rupiah per helai daun.