Korean makeup merupakan salah satu jenis makeup yang banyak digandrungi anak muda Indonesia saat ini. Kesan yang menampilkan "simple look but still fresh" membuat jenis makeup ini menjadi salah satu andalan untuk kegiatan sehari-hari yang nggak bikin ribet dan menor.

Namun, beberapa produk makeup Korea memiliki harga yang cukup menguras kantong. Nah, berikut ini beberapa alternatif produk lokal yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan Korean look.

1. Mineral Botanical Air Cushion Foundation


5 Cara makeup pakai produk lokal yang bikin kamu tampil Korean look
foto: Beauty Journal Sociolla

Salah satu ciri Korean makeup adalah memiliki wajah yang cerah, natural dan terlihat glowing. Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka memilih cushion dengan tipe dewy. Nah, belakangan, salah satu brand lokal mengeluarkan produk cushion. Yup, Mineral Botanica meliris cushion pertama mereka dengan 5 shade yang disesuaikan dengan skin tone wanita Indonesia. Cushion ini memberikan kesan kulit nampak glowing dan natural karena lama kelamaan produknya akan menyatu di kulit wajah. Namun, bagi kamu yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak, kamu tidak perlu memilih cushion dengan hasil akhir dewy jika tidak ingin wajah kamu terlihat seperti ladang minyak. Kamu bisa sesuaikan dengan memilih cushion dengan tipe matte ya, Ladies.

2. Wardah Eyebrow Pencil


5 Cara makeup pakai produk lokal yang bikin kamu tampil Korean look
foto : Bukalapak

Kalau American makeup memiliki ciri khas curved eyebrow, lain halnya dengan Korean makeup. Kebanyakan para idol dari negeri Ginseng itu memiliki jenis alis yang cenderung lurus sehingga memberikan kesan penggunanya terlihat lebih muda dan innocent. Banyak lho produk lokal untuk alis yang sedang naik daun saat ini, sebut saja Wardah Eyebrow Pencil. Kamu bisa aplikasikan produk ini tipis-tipis dan buatlah alis dengan bentuk lurus. Oh ya, jangan lupa pilih warna alis yang selaras dengan warna rambut kamu juga ya.

3. Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen


5 Cara makeup pakai produk lokal yang bikin kamu tampil Korean look
foto: Yeppeun

Salah satu riasan mata yang tidak boleh dilewatkan untuk mendapatkan Korean look adalah eyeliner. Produk ini dapat memberikan kesan mata tampak lebih besar. Nah, kamu bisa coba produk lokal dari Mizzu ini yang dilengkapi dengan aplikator berbentuk pena yang memudahkan pemakainya. Hanya tinggal aplikasikan pada bagian dimana bulu mata tumbuh sepanjang lipatan mata dan tada, eyeliner simple ala Korea pun bisa kamu dapatkan.

4. Eyeshadow Wardah Seri-G


5 Cara makeup pakai produk lokal yang bikin kamu tampil Korean look
foto: Orami

Jika kamu sering memerhatikan beauty vlogger Korea, mereka senang sekali menggunakan eyeshadow dengan warna-warna netral dimana pada umumnya memiliki sedikit shimmer. Kamu bisa mendapatkan eyeshadow dengan warna netral pada produk eyeshadow dari Wardah dengan seri-G. Produk ini cocok sekali digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena memberikan kesan fresh bagi penggunanya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit shimmer di kelopak mata untuk mendapatkan look yang sedikit glamor.

5. Mineral Botanica Tres Lip Tint


5 Cara makeup pakai produk lokal yang bikin kamu tampil Korean look

foto: Tokopedia

Lip gradation/ombre lips merupakan salah satu trend kecantikan dari Korea yang booming bahkan hingga saat ini. Terbukti, gradient lips memang dinilai memberikan kesan natural bagi penggunanya. Caranya mudah, cukup siapkan lip concealer dan lip tint. Kamu bisa aplikasikan lip concealer pada bagian luar bibir lalu tepuk-tepuk hingga merata. Kemudian aplikasikan Mineral Botanica Lip Tint pada bagian tengah lipstik dan ratakan hingga menghasilkan warna gradasi. Pastikan bagian dalam bibir memiliki tone warna yang lebih cerah dari bagian luarnya ya, Ladies.