×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Makan bareng orang Korea, jangan lupa perhatikan 5 table manner ini

0

Global

Makan bareng orang Korea, jangan lupa perhatikan 5 table manner ini

Biar kamu gak dicap tak sopan sama orang Korea nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Shelly Gouw

19 / 11 / 2018 13:53

Makan bareng orang Korea, apalagi dengan yang usianya lebih tua kadang bikin deg-degan. Korea Selatan terkenal dengan budayanya yang kental banget. Tak terkecuali soal makanan, negeri ginseng ini punya aturan sendiri mengenai table manner nya. Yuk simak table manner-nya orang Korea yang unik dan menarik ini biar kamu makin nyaman makan bareng mereka.

 

1. Makan bareng orang yang lebih tua.

elders

Sudah bukan rahasia lagi, saking menghormatinya orang yang lebih tua, maka orang Korea mempersilakan orang yang paling tua untuk memulai makan terlebih dahulu. Mereka pun biasanya memesan kursi yang letaknya jauh dari pintu masuk untuk orang yang lebih tua.

Loading...

Agar aman, ikutilah kecepatan orang yang lebih tua saat makan. Kalau kamu selesai makan lebih cepat, taruh peralatan makan seperti sumpit dan sendok di dalam mangkuk atau piring. Nah, ketika orang yang lebih tua sudah selesai makan baru kamu bisa taruh sumpit dan sendokmu di meja.

Ketika mereka pamit, jangan lupa untuk ikut berdiri dengan mereka. Ini menandakan kesopanan kita lho guys.

 

2. Posisi alat makan.

table setting

Salah-salah menaruh posisi peralatan makan bisa dicap buruk lho. Misalnya, sup tidak boleh ditaruh di sebelah kiri karena posisi tersebut biasanya hanya untuk makan di upacara pemakaman. Begitu juga dengan sumpit tidak boleh ditancapkan di atas nasi dengan posisi berdiri.

Berbeda dengan budaya Cina dan Jepang yang terlihat sering mengangkat mangkuk saat makan, budaya Korea ngga memperbolehkan mengangkat mangkuk ataupun piring saat sedang makan.

 

3. Ucapkan 'mantra' berikut.

eat

Orang Korea umumnya suka sekali kalau kita bisa mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Korea. Maka, ucapkan kata "Jal Meog-go-seumnida" sebelum makan yang berarti selamat makan/ Saya akan makan dengan baik. Setelah selesai makan, kamu bisa mengucapkan "Jal Meog-eosseumnida" yang artinya Saya telah makan dengan baik.

Pengucapan kedua kalimat tersebut menambah kesan sopan saat makan bareng orang Korea.

 

4. Orang yang paling muda jadi 'pelayan'.

hwesik

Saat acara makan bersama, khususnya makan bersama rekan kantor atau biasa disebut Hwesik, orang yang paling muda bertugas untuk melayani para seniornya makan, seperti memasak daging panggang dan menuangkan minuman.

Menuangkan minuman pun ada aturannya tersendiri. Tuangkan minuman dengan volume 80% dari gelas dan berurutan dari rekan yang tertua hingga yang termuda. Refill minuman boleh dilakukan hanya kalau minuman di gelas sudah kosong saja.

Saat minum sebaiknya hindari menatap rekan yang lebih tua. Alternatifnya, kamu bisa coba untuk melihat ke sisi lain saat minum atau memegang gelas sejajar dengan wajahmu.

 

5. Aturan bersulang.

cheers

Minum-minuman beralkohol erat banget sama budaya Korea. Kalau kamu memang ngga minum, berikan alasan yang jelas kepada mereka seperti dilarang oleh agama atau alasan kesehatan.

Mengangkat minuman saat bersulang ada aturannya. Semakin tinggi jabatan seseorang maka semakin tinggi juga gelas yang diangkat. Jadi, jangan coba-coba mengangkat gelasmu di atas atasanmu ya.

Gimana, unik banget kan table manner Korea nya. Jangan sampai lupa ya guys!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red