×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Makam unik ini dibuat sendiri oleh orang yang akan menempatinya

0

Jalan-Jalan

Makam unik ini dibuat sendiri oleh orang yang akan menempatinya

Makam unik ini disebut Waruga. Dan Waruga Sawangan merupakan makam unik yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kusuma Wardhani

13 / 03 / 2019 16:27

Sekilas mungkin terlihat aneh jika makam seseorang dibuat sendiri oleh orang tersebut. Ini karena kalau biasanya makam dibuat oleh keluarga yang ditinggalkan, lain halnya dengan makam yang satu ini.

Waruga Sawangan adalah makam yang dibuat sendiri semasa hidup oleh orang yang akan mengisi makam tersebut. Dibuat dari Domato atau tanah lilin, Waruga yang dibuat sendiri ini memiliki bentuk ukiran atap yang berbeda-beda sesuai dengan cerminan diri mereka.

Makam unik ini dibuat sendiri oleh orang yang akan menempatinya

Waruga yang berarti rumah dari badan yang akan kering ini juga berisi barang peninggalan orang yang akan meninggal dan diisi oleh mereka sendiri. Ketika masanya tiba, orang yang akan meninggal tersebut masuk sendiri ke dalam waruga yang sudah dibuatnya dengan bekal kubur yang juga sudah disiapkan sendiri.

Orang yang akan meninggal akan masuk ke dalam waruga dengan posisi meringkuk seperti di dalam kandungan karena mereka percaya manusia akan kembali berpulang sama seperti posisi mereka pada saat dalam kandungan ibu. Katanya proses yang dilakukan ini akan mendatangkan hal baik pada keturunannya di masa yang akan datang. 

Loading...

Hingga saat ini di Kabupaten Minahasa Utara terdapat sekitar 2000 lebih waruga yang terpencar. Salah satu lokasinya ada di Minahasa dengan waruga terbanyak yang bisa kamu kunjungi adalah Waruga Sawangan dengan total 144 waruga.

Tidak perlu merasa ngeri untuk berkunjung ke Waruga yang ada di Minahasa Utara. Tempatnya yang cenderung sejuk, tenang, dan asri justru sering dijadikan tempat untuk berfoto. Desain Waruga ini keren dan seolah membawamu ke zaman purbakala selain juga bisa jadi spot foto yang instagramable.

Berminat untuk mengunjungi Waruga Sawangan?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red