Siapa di sini yang nggak seneng kalo lihat tanggal merah di kalender? Pasti nggak ada. Karena hari libur adalah momen paling menyenangkan dan sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang.

Kebanyakan orang menghabiskan hari libur mereka dengan pergi menikmati liburan bersama keluarga, sahabat, dan kekasih hati. Menyenangkan ya? Pastinya! Siapa sih yang nggak mau melepaskan stress, dan rasa lelah, serta pergi sejenak dari keruwetan kota metropolitan.

Tapi masih banyak orang yang beranggapan kalo liburan itu butuh uang banyak, jadi kalo nggak punya banyak uang berarti nggak bisa pergi liburan. Dan itu salah banget! Faktanya, nggak perlu nunggu punya banyak uang kalo mau pergi berlibur. Asal kamu tau trik-nya dong pastinya. Nah, ini dia nih tips-tips liburan yang sudah kami rangkum dan wajib kamu pakai kalo kamu mau menghemat budget liburan kamu :

1. Rencanakan dulu tujuan liburan kamu.

Pakai 4 cara ini, liburan makin pede meski punya budget minim

Sebelum mulai liburan, penting banget nih kamu pilih tempat tujuan liburan kamu. Karena ini berhubungan banget sama budget, kalo kamu udah tau mau liburan kemana, baru deh kamu bisa mulai menyusun budget.

Tips :

Lakukan survey kecil-kecilan tentang tempat tujuan liburan kamu itu. Karena biasanya di setiap kota atau negara, pasti ada tempat-tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi. Contohnya : di Bandung ada Gedung Sate, di Singapore ada Merlion Park, Clarke Quay, Garden Bay, dan masih banyak lagi. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata gratis, kamu nggak perlu bayar tiket masuk, jadi udah pasti dong bikin irit duit di kantong.

2. Jangan pergi di musim High Season liburan

Pakai 4 cara ini, liburan makin pede meski punya budget minim

Yang juga wajib kamu perhatikan nih, pilihan waktu liburan kamu. Kalo budget liburan kamu tipis, maka hindarilah pergi di masa-masa high season. Biasanya di bulan Juni, Desember dan January. Kenapa gitu? Karena di masa-masa ini : Tiket pesawat/Kereta Api/Bis serta Hotel mengalami kenaikan harga!

Udah pasti harganya jadi jauh lebih mahal 1,5x sampai 2x lipat dari biasanya. Dan kamu juga perlu usaha extra untuk mendapatkannya, karena kamu harus adu cepat booking dengan banyak orang lainnya yang ingin pergi liburan juga.

3. Lakukan booking hotel melalui aplikasi online 2 minggu sebelum liburan

Pakai 4 cara ini, liburan makin pede meski punya budget minim

Kenapa harus booking hotel via aplikasi online? Dan kenapa harus 2 minggu sebelumnya? Kalo kamu belum tau kenapa, ini nih penjelasannya. Kalo kamu booking hotel via aplikasi online, harga yang kamu dapatkan akan jauh lebih murah dibandingkan jika kamu datang langsung memesan kamar di hotel yang bersangkutan pada hari H liburanmu. Kelebihan lainnya melakukan booking via aplikasi online nih, kamu bisa membandingkan harga dari beberapa hotel di lokasi yang sama. Jadi bisa memilih yang paling murah. Tapi jangan lupa ya, lakukan booking 2 minggu sebelumnya, karena biasanya ada early bird discount. Jadi harganya uda pasti jadi lebih murah lagi. Asik banget kan?

Tips :Saat memilih hotel via aplikasi online, pastikan kamu membandingkan harga dari beberapa website. Karena biasanya nih, untuk hotel yang sama harga yang mereka berikan bisa berbeda-beda. Dan pastikan juga kamu memilih hotel di tengah kota, karena mudah diakses. Ini juga bisa menghemat budget kamu.

4. Beli tiket pesawat atau kereta api beberapa minggu sebelumnya Pakai 4 cara ini, liburan makin pede meski punya budget minim

Saat ini tiket kereta api atau pesawat terbang, bisa dibeli online sejak beberapa bulan sebelumnya. Nah hal ini bisa kamu manfaatin lho. Dengan membeli tiket secara online, biasanya kamu bisa mendapatkan harga lebih murah. Karena selalu ada promo discount di website penjual tiket online, malah terkadang ada juga yang ngasih cashback. Keuntungan lainnya membeli tiket secara online, kamu bisa membandingkan harga dari beberapa airlines. Dan memilih yang sesuai dengan budget kamu.

Tips : Jangan lupa juga untuk membandingkan harga dari beberapa website penyedia tiket online, karena untuk tempat tujuan yang sama dan airlines yang sama, mereka bisa memberikan harga yang berbeda-beda.

Kamu juga bisa lho rajin-rajin ikut kuis di medsos. Tapi hal ini nggak wajib kamu ikutin ya karena kamu butuh banyak keberuntungan. Memang di media sosial akhir-akhir ini banyak banget kuis-kuis bertebaran, kalo kamu beruntung mungkin kamu bisa memenangkan kuis yang hadiahnya voucer hotel atau paket liburan. Asik kan?

Jadi gimana, udah pede liburan dengan budget minim?