Apa yang terbesit di pikiranmu bila mendengar kata Palembang? Kebanyakan orang mengetahui Palembang dari makanan khasnya yang memang sangat terkenal, yaitu pempek. Tapi selain pempek, Palembang juga terkenal dengan wisata-wisata alamnya yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Palembang dan beberapa spot di sekitarnya menyimpan banyak destinasi-destinasi menarik yang sudah dirangkum dari phinemo.com. Langsung saja disimak ya.

1. Kebun Teh Pagaralam

Liburan ke Palembang? Kunjungi 5 destinasi berpanorama indah ini

Kota Palembang sudah seperti Jakarta. Kesibukan di Kota Palembang menjadikannya sebagai Kota Metropolitan terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Tak ayal, seperti penduduk Jakarta yang kadang merasakan kepenatan tinggal di perkotaan, hal tersebut juga dirasakan oleh penduduk Palembang. Oleh karena itu, Kebun Teh Pagaralam ini menjadi salah satu destinasi favorit penduduk Palembang untuk menjernihkan pikiran dan kesibukan pekerjaan di kantor.

Di kebun teh ini, kamu bisa merasakan kesejukan dan pemandangan khas pegunungan. Hamparan pohon-pohon teh yang ada di hampir setengah wilayah kota ini juga menambah kesan asri dan hijau, yang tentu saja juga memberikan udara yang sejuk.

2. Semendo

Liburan ke Palembang? Kunjungi 5 destinasi berpanorama indah ini

Selain Bedegung, Muara Enim juga memiliki destinasi cantik lain. Semendo, mungkin masih jarang terdengar di dunia pariwisata Indonesia. Maklum, Semendo memang bukan dikenal sebagai tujuan wisata. Namun, dataran tinggi ini tidak salah jika kamu jadikan tujuan wisata.

Semendo menyajikan hamparan hijau yang terdiri dari bukit-bukit kecil, sawah, pepohonan liar dan bentang alam lainnya. Di Semendo kamu juga dapat mencicipi kopi khas yang diproduksi langsung oleh warganya. Aromanya yang khas, menjadikan kopi hitamnya cocok dinikmati pagi hari di tengah udara sejuk pedesaan Semendo. Selain kopi, di sini juga terdapat perkebunan strawberry yang bisa kamu petik langsung dari pohonnya.

Jangan kaget kalau yang kamu temui adalah jalan yang masih sangat sempit dan hanya mampu menampung satu kendaraan roda empat, sarana prasarana di sini memang belum dikelola secara profesional. Dan juga, di daerah Semendo hanya terdapat 1 penginapan.

3. Gunung Jempol

Liburan ke Palembang? Kunjungi 5 destinasi berpanorama indah ini

Gunung yang satu ini dapat dikatakan beda dari gunung-gunung lain. Bagaimana tidak, Gunung Jempol memang terlihat betul mirip dengan jempol manusia yang sedang diacungkan.

Kota Lahat, tepatnya di kabupatennya merupakan tempat di mana gunung ini berada, dapat ditempuh sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan dari Palembang. Gunung ini tidak susah untuk ditemukan, dari pinggir jalan lintas Sumatera di Kota Lahat-pun, Gunung Jempol sudah dapat terlihat gagah dengan jelasnya.

Bagi Kamu yang hobi untuk berfoto dan kemudian diuploadke akun-akun sosial media Kamu, Gunung Jempol bisa dijadikan salah satubackgroundyang keren.

4. Jembatan Ampera

Liburan ke Palembang? Kunjungi 5 destinasi berpanorama indah ini

Yang menjadi ikon dari Palembang. Jembatan Ampera yang melintang di atas sungai Musi. Kamu bisa menjadikan Jembatan Ampera sebagaibackgroundfoto kamu, apalagi ketika malam hari Jembatan Ampera dihiasi oleh lampu-lampu.

Selain jembatannya, Sungai Musi juga bisa dijadikan wahana berlibur. Kamu bisa menyewa perahu dari nelayan untuk menerjang aliran Sungai Musi.

5. Curug Tujuh Kenangan

Liburan ke Palembang? Kunjungi 5 destinasi berpanorama indah ini

Air Terjun satu ini adalah yang paling terkenal di Pagaralam. Selain suasana alamnya yang masih sangat asri, obyek wisata ini juga terkenal karena aksesnya yang cukup mudah dari pusat kota.

Terdapat beberapa plang penunjuk jalan ke arah obyek satu ini. Setelah sampai kamu dapat memakirkan kendaraanmu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter.