×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lambung sering sakit dan jantung berdebar? Waspada gejala psikosomatik

0

Kesehatan

Lambung sering sakit dan jantung berdebar? Waspada gejala psikosomatik

Keluhan fisik seperti berdebar & sakit lambung tak kunjung sembuh berkolerasi dengan gangguan kejiwaan, dalam istilah medis disebut psikosomatik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Angga Wijaya

13 / 02 / 2019 13:37

Kehidupan di kota besar yang kompleks tak jarang menimbulkan gangguan psikologis. Di Bagian/SMF Psikiatri RSUD Wangaya, Denpasar misalnya, dalam sehari kedatangan 20 hingga 25 pasien yang mengeluhkan penyakit fisik maupun mental. 

Kepala Bagian/SMF Psikiatri RSUD Wangaya Denpasar, dr. I.G.N Sastradhi, Sp.KJ mengatakan, keluhan para pasien beragam, mulai insomnia atau susah tidur, gangguan cemas dan panik hingga gangguan jiwa berat atau psikotik. 

Keluhan fisik seperti deg-degan, sakit lambung yang tak kunjung sembuh berkolerasi dengan gangguan kejiwaan atau dalam istilah medis disebut psikosomatik,” ujarnya. 

Sastradhi menjelaskan, psikosomatik adalah ciri awal penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan. “Jadi selain fisik yang diobati juga mental pasien. Pengobatanya melalui teknik wawancara, dan psikiater lebih banyak mendengar keluhan dan masalah yang dihadapi pasien“, pungkasnya.

Sastradhi menambahkan, stigma atau cap bahwa seseorang yang mendatangi psikiater atau bagian psikiatri di rumah sakit adalah menderita penyakit jiwa kini sudah mulai berubah. "Kompleksnya kehidupan di mana persaingan dan tekanan hidup yang tinggi membuat orang kehilangan keseimbangan dan menderita gangguan psikologis," katanya.

Loading...

Untuk mengatasi hal tersebut, sarannya, setiap orang mesti meluangkan waktu untuk hening sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan dengan melakukan ibadah dan berhubungan pada Tuhan. 

Shalat, dzikir, sembahyang dan meditasi adalah cara agar kita menjadi tenang dan menyeimbangkan diri, sehingga mampu menghadapi kehidupan dengan segala tantangan dan kompleksitasnya,” ujar psikiater senior ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red