×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lakukan 4 langkah ini agar bisa punya rumah di usia muda

0

Rumah

Lakukan 4 langkah ini agar bisa punya rumah di usia muda

Mumpung masih muda, gak ada salahnya dong jika kamu beli rumah buat investasi jangka panjang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

28 / 08 / 2019 10:11

Punya rumah siapa sih yang gak mau? Selain sebagai capaian prestasi, punya rumah apalagi di usia muda bisa jadi investasi jangka panjang karena nilainya selalu naik dari tahun ke tahun.

Salah satu kendala buat punya rumah ini adalah dana yang belum cukup. Tapi ibarat kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Jadi kalau memang sudah niat, kamu tetep bisa kok buat beli rumah. Salah satunya melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Hal ini diungkapkan oleh Direktur BCA, Suwignyo Budiman didampingi Kepala Kantor Wilayah 1 BCA, Lanny Budiati. "Kami menyediakan bunga khusus untuk KPR, seperti dalam promo kali ini yaitu 6,75 persen untuk fix 3 tahun", ujar Suwignyo saat ditemui di sela-sela BCA Expo Bandung 2019.

Wah, menarik yah. Lalu selain KPR, apa lagi langkah lainnya biar kamu bisa mewujudkan impian punya rumah di usia muda? Penasaran? Yuk, kita simak di bawah ini.

1. Tentukan dulu tipe dan tujuan beli rumah.

Pixabay

Loading...

Langkah pertama nih, tentukan dulu rumah yang mau kamu miliki, rumah tipe sederhana atau tipe rumah ideal. Setelah itu tentukan juga rumah itu mau dijadikan hunian jangka panjang atau sekadar dekat tempat kerja alias jadi investasi jangka panjang. Di mana saat kamu pindah kantor, rumah itu bisa jadi kontrakan atau dijual lagi dengan harga berlipat tentunya.

2. Siapkan DP rumah.

bandung news foto

Langkah ke dua nih, yaitu siapkan dana untuk down payment alias DP. Rata-rata DP rumah di sini yaitu 20 persen. Nah, mumpung kamu masih muda dan produktif belum banyak yang harus dibayar dan masih bisa nyari penghasilan sampingan, buat DP rumah ini usahakan kamu bayar di atas rata-rata. Tujuannya biar cicilan kamu tiap bulan bisa lebih rendah dan cepat beres. Oh ya, buat cicilan tiap bulan, ada baiknya gak lebih dari sepertiga penghasilan kamu setiap bulannya yah.

3. Pilih developer terpercaya.

Lakukan 4 langkah ini agar bisa punya rumah di usia muda

Langkah ketiga adalah kamu harus mencari informasi sebanyak mungkin, cek dan ricek developer atau pengembang perumahan. Hal ini penting banget biar uang yang kamu investasikan aman.

Nah menurut Suwignyo, dengan event seperti ini tentunya akan memudahkan calon pembeli rumah karena memfasilitasi bertemunya pembeli dengan pengembang sekaligus skema program pembiayaan KPR yang kami miliki. "Hal ini sejalan dengan tujuan kami yaitu semua happy", tegasnya.

4. Adaptasi.

Liputan 6.com

Nah, jika semua langkah itu sudah siap tinggal memantapkan langkah terakhir yakni melakukan adaptasi keuangan. Hal ini penting karena dalam jangka waktu tertentu penghasilan bulanan kamu bakalan berkurang buat bayar cicilan rumah. Jadi saat kamu mutusin ngambil KPR, siap-siap deh buat ngurangin pengeluaran misalnya traveling, beli perhiasan atau barang mewah lainnya sampai cicilan kamu selesai.

Nah, itu tadi empat langkah yang bisa kamu lakukan biar bisa punya rumah. Apalagi jika usia kamu masih muda. Keren loh jika dengan usia di bawah 30 kamu udah punya rumah. Dijamin deh PD kamu bakal bertambah saat melamar pasangan hidupmu.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red