Tak hanya manusia, hewan merupakan makhluk hidup yang harus dijaga dan harus diperlakukan dengan baik. Ini sudah menjadi kewajiban manusia sebagai makhluk yang berakal. Namun bagaimana jadinya jika manusia memperlakukan hewan secara tak pantas, apalagi jika kejadian itu di tempat hewan harus dilindungi.

Pada November 2017 lalu, kejadian viral sempat menghebokan jagat maya akibat video insta story pelaku bernama Alyssa (@alyccaaa) dan Biondi (@philipbiondi). Pada video tersebut, terlihat para remaja pria dan wanita mencoba memberikan wortel kepada rusa-rusa, lalu mereka memasukkan hingga menyemprotkan minum keras jenis Anggur Merah ke dalam mulut kudanil yang menganga. Juga terdengar suara cekikikan dengan tag lokasi di Taman Safari, Bogor.

Bukan Kudanil, kali ini yang menjadi korban adalah Orangutan. Kejadian ini bukan lagi terjadi diTaman Safari melainkan diKebun Binatang Bandung / Bandung Zoo, Jawa Barat.

Orangutan bernama Ozon (22 tahun) tersebut langsung menjadi perhatian karena sebuah video viral yang memperlihatkan pengunjung tak bertanggung jawab melemparkan sebatang rokok yang masih menyala ke orangutan tersebut.

Karena kecerdasan yang dimiliki primata ini, rokok tersebut diambilnya dan dihisap beberapa kali seolah-olah ia mahir merokok.

Kejadian ini adalah hal sangat memalukan sebab memicu kemarahan dunia Internasional, terlebih lagi karena hewan ini merupakan hewan yang terancam punah.

Dilansir dari bbc.com, pihak terkait berencana melaporkannya kepadapolisi karena melanggar hukum pasal 302 KUHP tentang penganiayaan terhada satwa dengan ancaman pidana 3 bulan penjara.

Semoga pelakunya segera tertangkap, bertanggung jawab dan menyesal atas perbuatannya.