Tiap wanita yang sudah memasuki usia dewasa pastinya merasakan menstruasi. Namun sakit atau nyeri yang ditimbulkan dapat berbeda-beda antara wanita satu dengan yang lainnya. Namun tenang saja, karenakamu bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit saat PMS (Pre Menstrual Syndrome). Nah, berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang harus kamu hindari saat menstruasi untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

1. Makanan yang manis-manis.

Kurangi konsumsi 4 makanan ini saat Premenstrual Syndrome (PMS)

Mitos mengatakan bahwa makanan manis seperti cake, permen, coklat dan es krim dapat memperbaiki mood yang rusak saat menstruasi. Hal ini benar adanya, tapi sayangnya makanan manis tersebut hanya dapat memperbaiki mood sebentar saja. Lebih parahnya, makanan yang manis justru dapat menyebabkan perut menjadi kram yang sangat menyakitkan.

2. Makanan terlalu asin.

Kurangi konsumsi 4 makanan ini saat Premenstrual Syndrome (PMS)

Makanan bergaram seperti kentang goreng, pop corn, snack ringan (junk food) dll merupakan jenis makanan terlalu asin yang dapat memperparah rasa kembung dan mual saat menstruasi. Sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium seperti yogurt, kedelai, dan sayuran hijau. Hal ini karena makanan tersebut dapat mempertahankan tinus otot dan mencegah munculnya kram dan nyeri otot.

3. Minuman berkafein.

Kurangi konsumsi 4 makanan ini saat Premenstrual Syndrome (PMS)

Minuman berkafein seperti kopi dan teh kental hendaknya dihindari saat menstruasi karena jenis minuman ini dapat menyerap kalsium dan zat besi dari makanan. Sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi air putih atau minuman tradisional yang menyehatkan seperti jahe dan madu, kunyit asam, serta beras kencur. Jenis minuman ini dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

4. Minuman bersoda.

Kurangi konsumsi 4 makanan ini saat Premenstrual Syndrome (PMS)

Hindari minuman bersoda karena di dalamnya terdapat kafein dan gula yang sangat tinggi. Kafein bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit, termasuk pembuluh darah yang ada di rahim sehingga bisa menyebabkan kram perut. Selain itu kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda juga menyebabkan imunitas menjadi tidak stabil dan menyebabkanmu mudah lelah. Sebaiknya konsumsi jus buah seperti jus alpukat, pisang, melon, tomat dan semangka. Jenis buah-buahan tersebut mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu metabolisme protein dan sel darah merah, serta dapat meminimalkan depresi saat menstruasi.

Gimana, udah paham kan apa saja makanan dan minuman yang harus kamu batasi selama menstruasi? Tetap cantik dengan gaya hidup sehat, ya!