×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kupas habis mengenai 8 tradisi dalam menyambut Imlek

0

News

Kupas habis mengenai 8 tradisi dalam menyambut Imlek

Setiap tradisi yang dilakukan mengandung makna mendalam lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

gracia nieken

25 / 01 / 2019 09:55

Sebentar lagi Chinese New Year bakal tiba nih, tapi sebagian besar penduduk Chinese yang tinggal di Indonesia udah pada meninggalkan tradisinya loh. Tahukah kamu bahwa tradisi orang Chinese saat tahun baru Imlek sangat unik dan menarik, bahkan setiap tradisinya memiliki makna yang sangat dalam dan baik. Yuk simak tradisinya.

1. Sembahyang.

Mungkin tradisi ini merupakan tradisi yang semakin tahun selalu berkurang, terutama bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta. Ketika kalian menyiapkan sembahyang ini, tentu kalian akan menaruh foto-foto leluhur kalian seperti kong-co, ma-co, dan lain-lain yang telah meninggal dunia. Lalu kalian akan menyiapkan dupa, beras (untuk menaruh dupanya), hidangan mulai dari berbagai jenis masakan hingga buah dan jajanan yang penuh arti. Makna dari sembahyang ini yaitu bertujuan untuk menghormati dan memperingati leluhur keluarga yang telah tiada, agar selalu mengingat ‘siapakah keluarga kita’. Sungguh mulia, bukan?

 

2. Makanan khas Imlek.

Loading...

Nah tadi sudah dijelaskan bukan, bahwa ketika sembahyang terdapat makanan khas tersendiri. Yuk simak beberapa contohnya. Yang pertama, ayam atau bebek dihidangkan secara utuh beserta kepala dan menaruh hati di atas kepalanya. Hal ini mengartikan bahwa kebersamaan dan kesetiaan dalam keluarga agar jalinan keluarga kalian tidak terputus, dan makna dari hati ayam atau bebek di taruh di atas kepala agar kalian selalu mencintai keluarga kalian. Lalu masakan babi, entah dijadikan babi panggang, babi kecap, dan lain sebagainya. Babi merupakan hewan yang sangat malas oleh sebab itu kalian harus menyantapnya agar kalian tidak seperti babi. Selanjutnya masakan bung dan ikan bandeng memiliki arti membawa keberuntungan untuk keluarga kalian. Uniknya semakin besar ikan bandeng dipercayai semakin besar pula hoki yang didapatkan. Yang terakhir mie goreng sepertinya tidak perlu ditanyakan kembali artinya, yaitu agar kita semua yang menyantapnya akan panjang umur dan sehat selalu.

Yang kedua kita akan membahas jajanan khas Imlek, yaitu kue mangkuk yang berarti rejeki kalian akan selalu bermekaran, lapis legit berarti rejeki kalian akan berlapis-lapis tidak akan ada hentinya, lalu ada kue keranjang yang berarti hidup sejahtera dan selalu meningkat, dan yang terakhir terdapat kue ku yang berbentuk seperti kura-kura melambangkan agar kita panjang umur seperti kura-kura. Eits gak cuman segitu aja loh, tentunya masih banyak jajanan lainnya dan memiliki arti pula.

Yang ketiga yaitu buah-buahan. Buah jeruk merupakan ciri-khas utama yang berarti rejeki berlimpah ruah, buah srikaya pun memiliki arti yang sama seperti jeruk, buah apel berarti keselamatan, buah pir artinya abadi, buah persik artinya keberuntungan, buah anggur dan delima berarti kesuburan (sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah), buah aprikot dan nanas berarti kesuksesan dan keberhasilan. Nah, bagaimana arti dari setiap makanan? Tidak jauh-jauh dari kata rejeki, damai, dan kesuksesan ya, sepertinya memang itu ciri khas orang Chinese.   

 

3. Berburu angpao.

Ini adalah momen yang paling dinanti-nantikan dan sepertinya tidak pernah punah ya. Tapi kalian tahu gak sih arti dari bagi-bagi angpao? Dan kenapa hanya diberikan kepada anak kecil hingga orang yang belum menikah saja? Nah maksud tujuan dari memberikan angpao yaitu membagikan rejeki kita kepada keluarga maupun kerabat kita.

Meskipun begitu ada aturannya loh, bagi yang sudah menikah wajib memberikan angpao kepada anaknya, keponakannya, maupun anak dari kerabatnya, dan orang tuanya. Hal ini karena mereka merupakan pasangan yang sudah memiliki tanggung jawab, dan dapat bekerja sehingga sudah sepatutnya memberikan sebagian rejekinya terutama untuk orang tuanya yang telah membesarkannya. Makanya gak heran lagi deh semakin kita besar, angpaonya pun semakin menipis.

 

4. Dilarang menyapu dan diminta memplastiki barang-barang.

Sebelum tahun baru Imlek, terutama para gadis-gadis di rumah pasti disuruh bersih-bersih dan memplastiki barang-barang seperti remot tv, remot ac, dan lain-lain. Nah, ketika hari H kalian tidak akan diperbolehkan menyapu laintai karena hal tersebut berarti menyapu rejeki kalian pula. Sebenarnya tujuannya agar ketika hari H kalian juga tidak sibuk dengan kerjaan lainnya melainkan hanya memfokuskan diri dengan keluarga.

 

5. Dilarang keramas, potong rambut, dan goyangkan kaki.

Keramas dan potong rambut saat Imlek dipercaya akan membuang rezeki yang telah datang. Sama halnya dengan menggoyangkan kaki, orang Chinese pun percaya akan membuang hoki yang kita miliki. Maka dari itu yang ingin potong rambut agar terlihat tampan maupun cantik dan tidak ingin gatal-gatal saat hari Imlek, keramas dan potong rambut sebelum hari Imlek ya.

 

6. Karaoke.

Karaoke dapat dikatakan hobinya orang Chinese dimanapun dan kapanpun. Apalagi saat mereka berkumpul bersama, mereka tidak mempedulikan apakah suara mereka merdu atau tidak. Lagu-lagu yang dinyanyikan biasanya berjudul ‘Yue Liang Dai Biao Wo De Xin’ , ‘ Gong Xi Gong Xi’, ‘Lao Shu Ai Da Mi’,  ‘Tong Hua’, ‘Guang Liang’, ‘Xin Nian Hao’, ‘Gongxi Ni Facai’, ‘Bai Nian’, dan masih banyak lagi. Sebenarnya jika mereka karaoke tidak hanya lagu Chinese New Year dan lagu Mandarin saja lagu-lagu Inggris pun atau Indonesia sering pula mereka nyanyikan.

Selain karaoke biasanya mereka bermain bersama pula seperti capsa, mahjong, othello, dan masih banyak lagi. Yang paling penting bagi mereka bukanlah suara yang merdu atau-pun menang-kalah dalam permainan, kegiatan apapun yang dilakukan akan selalu menyenangkan karena kebersamaan mereka rasakan.

 

7. Rumah keluarga tertua menjadi tempat berkumpul.

Biasanya yang dijadikan tempat untuk sembahyang dan tempat berkumpul merupakan rumah induk atau rumah keluarga paling tua seperti rumah kakek nenek. Atau biasanya jika kakek nenek tidak sanggup menyiapkan acaranya, acara akan dilakukan di rumah anak pertama dari kakek nenek. Unik ya tempat berkumpul saja dilakukan di rumah induk.

 

8. Yu Sheng.

Nah, ini dia hal menarik lainnya yang paling seru dan ditunggu-tunggu selain mencari angpao. Hidangan penuh warna ini merupakan saladnya orang Chinese yang terdiri mulai dari sayur, buah, dan ikan. Makanan ini dipercaya membawa pengharapan dan keberuntungan di tahun baru. Tapi kok sepertinya biasa saja ya? Apa uniknya? Uniknya adalah cara menyantapnya, kalian harus berkumpul bersama mengaduk-aduk menggunakan sumpit di satu piring besar bersamaan dan harus mengangkat yu sheng ini tinggi-tinggi. Semakin tinggi kamu mengangkat dipercaya harapan kamu akan semakin cepat tercapai.

 

Bagaimana dengan 8 tradisi Imlek yang dijelaskan di atas? Menarik sekali ya dan semuanya mengandung arti yang bermakna. Bagi kalian yang keturunan Tionghoa dijaga tradisinya ya, walaupun zaman semakin modern dan canggih, namun tradisi orang Chinese sangatlah baik. Alangkah baiknya dijaga dan dipertahankan. Sebagai penutup saya ucapkan Gong Xi Fa Cai.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red