Musim hujan sudah tiba. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati hujan. Salah satunya adalah menikmati secangkir kopi panas. Bisa buat sendiri, dibuatin pacar atau bisa ke coffee shop untuk menikmati berbagai racikan kopi.

Buat yang biasa buat kopi sendiri di rumah, saya akan merekomendasikan biji kopi lokal yang dijamin akan bikin kamu nagih sekali coba.

1. Kopi Gayo

Kopi gayo adalah kopi yang berasal dari daerah Aceh. Kopi ini tumbuh didataran tinggi Tanah Gayo, Aceh Tenggara. Jenis ini merupakan salah satu kopi Nusantara yang cukup banyak digemari oleh berbagai orang di kalangan dunia.

Varietas kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo ini telah mendapatkanFair Trade Certifieddari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 2010 lalu.

Kopi Gayo memiliki aroma yang sangat khas dan begitu dominan tanpa rasa pahit tapi dengan rasa gurih atau asam. Cocok deh buat nemenin kamu saat nikmatin hujan.

2. Kopi Mandailing

Kopi mandailing adalahkopi arabikayang berasal dari daerah Mandailing, Pegunungan Bukit Barisan,Sumatera utara.

Kopi ini mempunyai citarasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis. Kopi mandailing pernah dideskripsikan sebagai kopi paling bagus dan termahal di pasar internasional loh.

Wah, galau kamu makin jadu berkelas deh kalo ditemenin si mandailing ini.

3. Kopi Blue Java

Kalo dilihat dari namanya sih kopi ini terlihat kebarat-baratan. Tapi sebenernya kopi ini berasal dari tanah Jawa. Kopi ini merupakan perpaduan dari biji kopi yang ada di tanah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Hasil warna yang gelap dijamin bakal bikin kamu bernafsu buat langsung menyeruputnya.

4. Kopi Toraja

Kopi Toraja juga merupakan kopi multidimensi yang tumbuh di dataran tinggi Tenggara pulau Sulawesi, tepatnya di daerah Toraja.

Kopi Toraja memiliki tekstur yang kental. Saat diseduh bubuk kopi ini akan langsung mengendap dibawah cangkir. Kopi ini memiliki keseimbangan antara rasa coklat hitam dan buah.

Kopi ini akan terasa lebih nikmat jika meminumnya tanpa tambahan gula, karena kamu akan merasakan sensasi gurih dan segar ketika meminumnya.

5. Kopi Wamena

Kopi ini bersumber dari pegunungan Kabupaten Wamena Provinsi Papua. Kopi ini memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaannya secara organik.

Kopi wamena juga termasuk kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dari beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia. Karena kopi ini memiliki kadar asam yang sangat rendah, maka kopi ini sangat ringan untuk dinikmati.

Kopi ini tidak terlalu mengandung banyak ampas dan akan mengigatkan kamu sama mantan yang berada jauh di sana.