×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kiat-kiat melatih diri sejak dini demi masa depan cemerlang

0

N/A

Kiat-kiat melatih diri sejak dini demi masa depan cemerlang

Mempersiapkan diri sangat penting untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mikha Melodio Jawentinus

23 / 12 / 2020 18:00

Sebagai anak milenial, kamu pasti memiliki mimpi yang setinggi langit. Mungkin ada yang ingin menjadi dokter, pengacara, astronot, dan lain-lain. Namun mengejar apa yang sudah kamu mimpikan tidak semudah saat kamu bermimpi. Akan datang banyak rintangan yang menghalangi untuk menggapai impian dan menjadi sukses.

Sukses di usia muda pasti menjadi harapan setiap orang karena kesuksesan dapat menjadi kebanggaan tersendiri kala muda. Anak muda zaman sekarang memiliki cara tersendiri untuk meraih kesuksesan mereka dibanding orang zaman dahulu. Sebagai kaum milenial kamu punya banyak kelebihan yang bisa kamu dapat dibandingkan zaman dulu. Jadi, simak apa saja hal yang harus kamu perhatikan guna melatih diri sejak dini untuk masa depan.

1. Rintangan yang dihadapi.

Sebagai anak muda kaum milenial banyak hal yang menjadi rintangan dalam menggapai mimpi. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan menjadi rintanganmu ke depannya. Ada beberapa rintagan yang sering kali muncul dari dalam dirimu. Rintangan yang muncul dari dalam diri biasanya menjadi alasan untuk mundur dan menyerah. Jadi, ini adalah beberapa pikiran yang ada dari dalam diri dan menjadi penghalang dalam mengejar mimpi.

2. Penerimaan diri yang kurang baik.

Loading...

Banyak anak muda menganggap bahwa diri mereka tidak cukup pintar, namun perlu diketahui juga tidak ada orang yang pintar di seluruh bidang. Apa yang menjadi keahlianmu belum tentu orang lain memilikinya. Kamu harus mengasah apa yang kamu bisa sehingga menjadi lebih baik.

Orang yang kurang menerima dirinya dengan baik pasti juga akan sulit dalam memulai sesuatu. Akan banyak alasan seperti “saya masih pemula”. Ungkapan tersebut tentu saja sangat menghambat karena kamu tidak akan mulai melangkah sampai kapan pun dan tetap menjadi pemula.

Ada juga ungkapan seperti “sudah terlambat untuk saya”. Tidak ada kata terlambat dalam memulai sesuatu. Selagi masih muda dan memiliki banyak kekuatan, justru kamu harus sesegera mungkin memanfaatkan waktu yang ada.

3. Pasrah dengan keadaan.

Orang menganggap bahwa sukses dapat diraih dengan kaya, pintar, dan lainnya. Namun sukses hanya dapat diraih oleh orang yang biasa saja.

Jika orang yang sukses karena dia kaya atau pintar, itu menjadi poin tambahan bagi mereka. Namun jika kesuksesan diraih dari ketidakmampuan, itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang yang menjalankannya. Jadi kamu tetap harus optimis dengan apa pun keadaanmu dan tetap bekerja keras.

Apa yang harus kamu lakukan dalam mengejar mimpi? Berikut ini beberapa caranya.

1. Fokus terhadap passion kamu.

Sebagai anak muda sangat wajar jika kamu memiliki banyak ketertarikan dalam sesuatu hal, namun sering kali hal tersebut membuat kamu tidak fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Banyak juga anak muda yang menganggap bahwa kesuksesan diukur dari di mana tempat mereka bekerja atau juga posisi yang mereka dapat saat bekerja.

Namun di balik itu semua kesuksesan seseorang diukur dari seberapa besar mereka memberi dampak di dalam pekerjaan yang mereka sukai. Pekerjaan yang kamu sukai dapat membawa kebahagiaan tersendiri bagimu. Selain menghasilkan uang kamu juga enjoy dalam menjalankan pekerjaan tersebut karena pekerjaan itu adalah passion kamu.

Jika memang sudah memiliki tujuan yang ingin diraih, kamu bisa mulai merencanakan apa saja langkah langkah yang perlu disiapkan. Kamu harus terus tekun dalam menjalankan rencana tersebut, dan tidak perlu berkecil hati jika apa yang kamu jalankan tidak sama dengan kebanyakan orang. Setelah mengetahui hal itu, kamu sudah selangkah lebih maju dalam meraih kesuksesanmu sendiri.

2. Fokus dengan apa yang kamu punya, bukan apa yang kamu tidak punya.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kebanyakan orang saat hendak meraih mimpi lebih fokus kepada kekurangannya. Kamu harus fokus dengan apa yang bisa kamu lakukan daripada apa yang tidak bisa kamu lakukan.

Jika kamu lebih fokus dengan apa yang tidak bisa kamu lakukan, sampai kapan pun kamu tidak akan pernah memulai sesuatu karena pasti ada anggapan bahwa “saya tidak bisa…”. Jadi apa pun mimpimu kejar impian itu dengan apa yang kamu punya atau dengan kelebihanmu.

3. Manfaatkan kesempatan yang ada.

Saat di dalam proses untuk mengejar mimpi, akan datang kesempatan yang dapat menjadi batu loncatanmu untuk meraih impianmu. Kamu harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin karena kesempatan tidak datang dua kali seperti kata pepatah.

Hal lain yang harus menjadi pertimbanganmu adalah saat kamu sudah menerima satu kesempatan dan gagal, maka kamu mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan akan berusaha lebih baik jika ada kesempatan kedua.

4. Memanfaatkan gadget untuk mengasah skill.

Anak milenial sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gadget. Kehadiran barang elektronik yang semakin hari semakin canggih ini sangat membantu pekerjaan kamu saat ini, termasuk untuk membantukmu meraih impian.

Kamu dapat menggunakan HP untuk kegiatan yang bermanfaat seperti mengasah skill. Gadget yang kamu miliki dapat sangat membantumu dalam mempelajari sesuatu yang kamu suka, seperti menonton tutorial dalam melakukan sesuatu secara mendalam.

Selain itu gadget yang kamu miliki dapat membantumu dalam menyebarluaskan karyamu melalui media sosial. Kamu juga dapat menggunakan media sosial untuk memposting karyamu. Sehingga karya yang kamu buat dapat bermanfaat bagi orang lain dan bisa juga menjadi alat untuk melangkah lebih jauh lagi dalam menggapai mimpimu.

5. Cepat bertindak dan perhatikan langkahmu.

Mungkin selama ini kamu selalu menunggu waktu yang sempurna untuk melakukan sesuatu, jika demikian kamu akan tertinggal dengan orang lain yang sudah memulainya terlebih dahulu. Jadi kamu harus segera bertindak dan memulai sesuatu. Karena kesuksesan yang ada hanya bisa tercapai jika kamu melakukan tindakan terlebih dahulu.

Selain itu semua rancanganmu yang terlihat sempurna dan ideal belum tentu memberikan hasil yang maksimal pula. Akan banyak rintangan dan kendala yang menghadangmu dan itu semua tidak terhindarkan. Namun di saat itulah kamu harus memperhatikan langkahmu dan harus menghadapi masalah tersebut dengan komitmen yang kuat.

6. Memperbaiki kesalahan.

Setelah melakukan semuanya, ada satu hal terakhir yaitu memperbarui diri. Kamu hidup di dunia yang sangat cepat berganti dan konsumen yang selalu menuntut hal baru. Dan mungkin kamu sudah jatuh bangun dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu kamu harus senantiasa memperbarui dirimu sendiri dengan memperbaiki kesalahan yang sudah kamu buat.

Pengembangan diri memang merupakan tantangan yang sangat sulit, namun hal tersebut dapat membantumu dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan. Jadi kamu harus terus memperhatikan setiap langkah dan peka terhadap situasi yang ada. Karena di saat kamu lengah akan banyak orang yang mengambil kesempatan tersebut.

Jadi, apa pun yang kamu kerjakan lakukan semaksimal mungkin dan pantang menyerah. Sebab seperti kata pepatah, "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil".






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red