×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali 5 ciri kanker serviks agar bisa dilakukan pencegahan sejak dini

0

Kesehatan

Kenali 5 ciri kanker serviks agar bisa dilakukan pencegahan sejak dini

Kamu perlu mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

19 / 02 / 2019 12:20

Kanker serviks sampai sekarang masih merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri tercatat memiliki jumlah penderita kanker serviks terbanyak di seluruh dunia.

Apa itu kanker serviks?

Kenali 5 ciri kanker serviks agar bisa dilakukan pencegahan sejak dini

Sumber : https://lingshenyao.id/penyakit-kanker-serviks/
 

Singkatnya, kanker serviks ialah tumor ganas yang tumbuh di leher rahim. Penjelasannya begini, jadi setiap orang memiliki sel kanker pada tubuhnya masing-masing. Akan tetapi sel tersebut bisa tumbuh menjadi tidak normal karena hal tertentu, sel akan berkembang di leher ramin dan  disebutlah tumor. Ketika tumor tidak segera ditangani, maka bisa menjelma menjadi tumor ganas. Nah, tumor ganas inilah yang dinamakan kanker serviks.

Agar kita mengetahui apakah terkena penyakit ini atau tidak, maka dari itu kita harus mengenali ciri-ciri awal dari kanker serviks. Berikut ciri-cirinya:

Loading...

1. Mengalami keputihan yang tidak normal.

Mengeluarkan lendir keputihan dengan warna yang berbeda dan aroma bau yang tak sedap.

 

2. Vagina mengalami pendarahan yang tidak normal.

Darah yang keluar dari vagina bisa sedikit atau banyak ketika periode menstruasi terjadi. Dan pendarahan tak normal juga bisa terjadi ketika sedang berhubungan seksual.

 

3. Sering buang air kecil.

Gejala ini bisa saja diakibatkan adanya gangguan pada kandung kemih. Tapi jika sel kanker sudah tumbuh mengelilingi leher rahim, maka hal itu juga bisa terjadi. Untuk kepastian yang lebih lanjut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

 

4. Panggul terasa nyeri dalam waktu yang lama.

Wanita pasti sering mengalami nyeri pada panggul ketika memasuki masa haid, namun bila nyeri panggul terjadi di luar masa haid, nampaknya perlu kamu waspadai. Sebab itu bisa menjadi gejala awal dari kanker serviks.

 

5. Mengalami penurunan berat badan.

Tubuh yang terserang sel kanker akan membuatnya sulit untuk menerima asupan makanan. Maka orang yang terkena kanker serviks bisa membuatnya kehilangan nafsu makan, yang akhirnya berat badan akan mengalami penurunan.

 

Itulah beberapa ciri yang dapat dirasakan ketika kamu terserang kanker serviks. Jika kamu mengalami gejala di atas, segeralah periksakan ke dokter. Dan bagi kamu yang sudah aktif berhubungan seksual disarankan untuk melakukan tes Pap Smear sebanyak tiga sampai lima tahun sekali.

Pap Smear ialah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan kanker serviks. Tes ini sangat berguna karena deteksi dini itu penting agar dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin dan harapan sembuh semakin tinggi.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red