Memang tak dapat dipungkiri, jika dunia hiburan penuh dengan godaan duniawi, seperti seks bebas, alkohol, bahkan yang lebih parah adalah kecanduan obat terlarang. Tak hanya menjadi ancaman nyata bagi orang-orang biasa, obat-obatan terlarang kerap menjangkiti kehidupan para selebriti dengan gaya hidup glamor.

Bagi mereka yang sudah terlanjur masuk jeratan, butuh upaya dan kerja keras luar biasa untuk bisa sembuh dan bangkit menata kehidupan. Beberapa selebriti ini contoh korban ganasnya jerat narkoba hingga membuat kehidupan terpuruk, nyaris bangkrut, bahkan meninggal dunia. Berikut deretannya.

1. Macaulay Culkin

Kehidupan 5 seleb ini terpuruk akibat obat-obatan terlarang

Di era tahun 1990-an, nama Macaulay Culkin melambung dan menjadi perbincangan banyak orang setelah sukses membintangi film box office keluarga Home Alone 1 & 2. Setelah itu namanya jarang terdengar dan karier keartisannya mulai tenggelam. Diketahui tahun 2004 lalu, ia ditangkap di Oklahoma lantaran kepemilikan ganja dan zat adiktif. Aktor pameran Kevin McCallister Home Alone ini pun dijebloskan ke penjara dan dikenakan sanksi denda.

Bertahun-tahun melawan narkoba hingga tubuhnya kurus dan wajahnya kusam, Culkin mencoba bangkit dan diketahui akan kembali ke layar lebar untuk membintangi film Changeland tahun 2018 nanti.

2. Michael Jackson

Kehidupan 5 seleb ini terpuruk akibat obat-obatan terlarang

Michael Jackson merupakan entertainer paling sukses sejagad dalam industri musik pop. Namun, gaya hidupnya yang super royal dengan menghabiskan banyak uang seperti tak ada hari esok, harus dibayar mahal menjelang kematiannya. Ia diketahui meninggal dunia akibat overdosis obat-obatan. Pelantun lagu Heal the World yang berulang kali melakukan operasi plastik itu pun meninggal dunia di usianya yang ke 50 pada tahun 2009 lalu.

3. Whitney Houston

Kehidupan 5 seleb ini terpuruk akibat obat-obatan terlarang

Penyanyi yang masuk jajaran pemilik album terlaris dunia (170 juta keping), Whitney Houston ternyata meninggalkan kisah miris setelah kematiannya yang kontroversial tahun 2012 lalu. Mendiang bintang pop Whitney Houston ternyata hanya menyisakan sedikit tabungan di mana ia hanya memiliki 29 ribu dolar (sekitar Rp400 juta) di rekeningnya sedangkan, utangnya mencapai 4 juta dolar. Hal itu terungkap saat pelantun I will always I love you ini mengurus proses perceraiannya dengan Bobby Brown tahun 2007. Pasca kematiannya, terungkaplah bahwa Whitney merupakan pecandu obat-obat terlarang yang disinyalir menjadi salah satu faktor kebangkrutannya.

4. Lindsay Lohan

Kehidupan 5 seleb ini terpuruk akibat obat-obatan terlarang

Karier keartisannya melejit setelah membintangi film Herbie: Fully Loaded dan Mean Girls pada tahun 2004 lalu hingga menjadi ikon remaja di masanya. Sayangnya, kariernya langsung meredup saat dirinya dua kali ditangkap polisi tahun 2007 lalu lantaran mengemudi dalam kondisi mabuk. Gaya hidupnya yang gemar berpesta dan ketergantungan terhadap kokain, membuatnya juga harus bolak balik masuk panti rehabilitasi.

5. Kate Moss

Kehidupan 5 seleb ini terpuruk akibat obat-obatan terlarang

Di era 1990-an, Kate Moss merupakan model papan atas asal Inggris yang dikenal memiliki tubuh super kurus, dan wajah pucat mengikuti tren heroin chic di masanya. Bahkan, mantan Presiden Bill Clinton sempat mengkritik penampilannya. Namun, hal itu tak menyurutkan majalah Vogue untuk menampilkan perempuan yang saat itu berusia 19 tahun untuk tampil di cover majalah depan. Nyatanya, mantan kekasih aktor Johnny Deep tersebut memang merupakan pengonsumsi heroin. Bertahun-tahun dirinya terjerat dalam gaya hidup tak sehat, seperti pesta, alkohol, dan obat-obatan, hingga akhirnya mencoba bangkit di tahun 2012 lalu.