Terkadang, saat mandi seringkali kamu bernyanyi dengan leluasa. Kamu mungkin merasa ruang kamar mandi adalah sebuah panggung yang megah dengan riuh penonton.Bakpenyanyi profesional, kamu akan konser dengan menggenggam gayung atau gagang shower, menghayati lirik lagu walau suaramu nggak merdu-merdu banget.

Tapi,ada baiknya kamu menyadari bahwa berlama-lama di kamar mandi itu kebiasaan kurang baik. Bagaimanapun, kamar mandi merupakan tempat yang digunakan untuk bersih diri dan membuang hajat. Jelas saja di tempat seperti ini ada banyak bibit penyakit. Apalagi jika kondisi kamar mandimu jorok.

Ini bahaya kalau kamu suka 'konser' di kamar mandi

Meskipun kamar mandimu terlihat bersih kinclong seperti di iklan-iklan, kamar mandi tetap menyimpan kuman atau bakteri. Bahkan, perkembangan mikroorganisme yang tak kasat mata dapat berkembang biak dengan cepat. Dalam proses reproduksinya, bakteri membutuhkan waktu 20 menit-20 jam untuk dapat membelah diri. Bisa dibayangkan dalam waktu empat jam bakteri sudah membelah sebanyak satu milyar!

Itulah sebabnya kalau acara mandi harus diselingi dengan konser menyanyi, tanpa kamu sadari tubuhmu akan terkontaminasi bakteri dalam kamar mandi. Karena saat sedang asyik bernyanyi, otomatis membutuhkan waktu mandi yang lebih lama. Belum lagi dengan mulut kamu yang terbuka, memudahkan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Sepertidikutip dari kaskus.co.id, virus yang berkembang biak di kamar mandi berupa virus gastrointestinal yang menyebabkan sakit perut pada manusia. Virus gastrointestinal sangat mudah berpindah dan akan menumpuk di bagian permukaan kamar mandi.

Ada juga Pathogen enteric, yang menyebar dengan cara mengontaminasi makanan yang bisa jadi dibawa melalui feses. Bakteri ini meliputi E.Coli, salmonella, higella, dan campylobacter. Bakteri E.Coli sendiri dapat menyebabkan penyakit diare dengan darah pada feses manusia.

Sedangkan bakteri penyebab penyakit kulit dan pernapasan seperti Staphylococcus aurea atau dikenal dengan bakteri staph yang menyebabkan penyakit Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA), yaitu sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan kebal terhadap semua antibiotik. Ada juga jamur dermatophitic yang hinggap di kaki.

Gimana, masih mau konser berlama-lama di kamar mandi?