×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kamu suka begadang? Ini 4 akibat buruk yang mungkin terjadi

0

Serius

Kamu suka begadang? Ini 4 akibat buruk yang mungkin terjadi

Kadang orang suka begadang, apalagi kalau masih muda. Tapi apa kamu tahu akibatnya untuk tubuhmu?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lily Susanti

29 / 10 / 2019 11:20

Kadang jika sedang ketagihan main game, kamu akan begadang. Kadang kamu lagi asyik nonton K-Drama dan lagi seru, juga akan begadang. Terkadang kamu terlalu menyepelekan pentingnya tidur dan merasa sudah dewasa sehingga tak perlu tidur seperti anak kecil. Apa iya?

Sampai sekarang, peneliti masih belum tahu pasti mengapa tubuh perlu tidur setiap malam. Tapi kalau tidak tidur, tubuhmu pasti memberontak. Mari kupas apa yang terjadi jika kamu tidak tidur.

1. Pengaruh ke otak.

Sinyal pertama kalau tubuhmu kecapekan adalah pikiran yang lamban. Otakmu akan mulai melamban dalam memproses jika kamu tidak tidur kurang lebih 18 jam. Kemampuan seperti mengambil keputusan, kemampuan matematika, dan kemampuan spasial juga akan menurun.

Setelah semalaman tidak tidur, otak akan melamban tiga kali lipat. Kemampuanmu untuk mengingat juga akan berkurang. Otakmu akan berada di mode panik dan akan memaksamu untuk tidur. Walaupun kamu masih kelihatannya sadar (bisa berjalan dan ngobrol) tapi otakmu akan tidur untuk 10-20 detik pada suatu waktu, ini yang dinamakan dengan ‘microsleep’.

Loading...

Di tahap ‘microsleep’ ini, kamu tidak akan dapat memproses situasi di sekelilingmu dengan benar. Otakmu akan berada di mode ‘autopilot’. Contohnya kadang kamu masih dapat mengendarai mobil tapi kamu lewatin saja tujuanmu dan tiba-tiba saja kamu tersadar dan tidak ingat apa saja yang sudah terjadi 10 menit yang lalu. Ini saatnya kamu memang sudah harus tidur.

Jika kamu tidak tidur lebih dari 35 jam, menurut tim Walker, peniliti dari Berkeley dan Harvard, emosimu akan bereaksi secara tidak rasional karena amigdala, yang bertugas untuk memproses emosi, naluri bertahan hidup dan ingatan, akan lebih bereaksi kepada rangsangan dan pengalaman yang negatif. Jadi, kamu akan lebih menghakimi orang dan kondisi di sekelilingmu. Otak akan kehilangan kemampuan untuk mengontrol diri.

Kamu akan mulai berhalusinasi jika tidak tidur lebih dari 48 jam. Akibat tidak tidur selama beberapa hari dapat mematikan. Sampai sekarang masih belum jelas penyebabnya, tapi salah satunya karena otak akan kehilangan kemampuan untuk menghargai hidup dan menghancurkan sistem otak.

2. Pengaruh ke jantung.

Tekanan darah kamu akan naik sesuai dengan aktivitasmu dan saat tidur tekanan darah ini akan menurun normal kembali. Dengan kata lain, tidur adalah obat penurun tekanan darah yang alami. Tanpa tidur, tekanan darah akan naik terus yang nantinya dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, ataupun penyakit jantung lainnya.

3. Pengaruh ke sistem endokrin.

Tidur sangat penting pengaruhnya untuk produksi hormonmu. Jika kamu tidak tidur lebih dari 18 jam, hormon testosterone akan berkurang secara perlahan, yang nantinya berakibat pada level energimu. Kabar baiknya, kalau kamu mendapat tidur yang berkualitas secara berturut, level hormon testosteron ini dapat kembali normal.

4. Pengaruh ke sistem kekebalan tubuh.

Jika tidak tidur lebih dari 18 jam, tubuhmu akan menghasilkan protein IL-6, yang terkait dengan penyakit kesehatan akut dan penyakit jantung. Tidak tidur untuk jangka waktu yang lebih lama lagi akan mengakibatkan tubuhmu tidak dapat menghasilkan sel pembunuh kanker dan sel pembunuh virus di tubuh.

"Begadang jangan begadang. Kalau tidak ada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya." Lagunya Rhoma Irama ini memang harus dijadikan Quote of Life kamu deh.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red