Sudah bukan hal yang tak biasa lagi jikalau orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Jokowi kerap kali membagikan momen kesehariannya melalui akun instagram-nya. Tidak hanya aktivitasnya sebagai Presiden Indonesia, melalui akun instagram-nya itu,Presiden Jokowi juga tidak segan membagikan aktivitasnya di luar jabatannya sebagai presiden. Kesederhanannya itulah yang membuat seorang Jokowi banyak dikagumi rakyatnya.

Baru-baru ini Jokowi kembali membagikan salah satu aktivitasnya di pagi hari sebelum memulai aktivitas kantor. Video berdurasi kurang lebih 1 menit yang diunggah melalui akun instagram-nya tersebut diberi judul: #JKWVLOG BUGAR DENGAN JAMU. Tentu saja video itu memperlihatkan Jokowi yang suka minum jamu di pagi hari sebelum bekerja. Uniknya, terlihat video itu juga direkam oleh Jokowi sendiri sehingga sang presiden itu seperti seorang vlogger pada umumnya yang juga sering memegang kameranya sendiri.

Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor, tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor.

Begitulah Jokowi menyapa di awal videonya. Melalui video itu, ternyata Jokowi ingin membagikan salah satu rahasia kebugaran tubuhnya dengan rajin minum racikan jamu tradisional di pagi hari. Jokowijuga tidak segan membagikan resep jamunya itu kepada masyarakat.

Biasanya saya kalau pagi itu, sebelum beraktivitas minum jamu. Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit. Jadi, jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang-rajang, kunyit juga, kemudian diseduh air panas, disaring, kemudian diminum. Dan sudah saya minum mungkin 1718 tahun yang lalu sampai sekarang. Saya rasakan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri. Hehehe. Jelas Jokowi.

Wah, ternyata racikan jamu tradisional ini sudah sejak lama diminum Jokowi ya, dan meskipun sekarang sudah menjadi pejabat negara, minumannya juga masih sama. Tapi ada yang lebih unik dari video tersebut sehingga membuat netizen gagal fokus. Terlihat cangkir yang digunakan Jokowi adalah cangkir yang terbilang jadul karena sudah ada sejak zaman dahulu. Ya, itu adalah cangkir blurik. Jokowi tidak segan minum jamu dari cangkir yang bermotif lurik dengan perpaduan warna hijau dan putih tersebut. Pada umumnya, cangkir blurik ini memang identik dengan minuman hangat seperti kopi, teh, hingga wedang atau jamu seperti yang diminum Jokowi. Netizen pun beramai-ramai memberi komentar akan cangkir jadul tersebut.

Jokowi minum jamu, cangkirnya bikin netizen gagal fokus

Besok gelasnya pak dhe harganya naik gra2 dipkek pak dhe" kata @pawa_achikanakimora

Naksir cangkir e kata @estherw.prasetyo

Gelasnya sama lohh ama yg drmh @tomyjulian kata @mps.linceu

Cangkirnya sama dg punyaku pak presiden @jokowi kata @toni_liman

Cangkir nya kyak punya Mbah saya, yaallah pak Jokowi sederhana banget kata @kustianisudianto

Pak @jokowi Gelase mantep pak Kulo dados kemutan Omah kata @taryono_soegiono

Sederhananya, itu gelas jaman old pak @jokowi tapi bapak masih menggunakannya, salut sama bapak, sehat selalu pak kata @bonji_mokoagow

Cangkir yg melegendaris... Bapak ku @lindawang96g7 @yuliepeshek @hemipurwanti @anafransiskafransiska.. kata @rina_zii14

Dan masih banyak lagi komentar lainnya yang memuji kesederhanaan Jokowi minum jamu dengan cangkir blurik. Salut ya, sama presiden yang penuh dengan kesederhaan ini. Tak sedikit juga yang mendoakan Jokowi tetap sehat loh.

Sehat sll menyertai Bapak n fam kata @madame.goh

Bapak jokowi sehat terus kata @mdni24

Sehat selalu Pak De kata @its.piez

sehat selalu bpk @jokowi kata @nuruldj253