Fungsi utama dari tidur adalah agar tubuh beristirahat, sehingga kondisinya pulih seperti semula, agar fit ketika beraktivitas keesokan harinya. Permasalahan tidur ini terkadang juga bisa jadi masalah bagi orang-orang. Terlalu mudah tidur bisa jadi masalah.

Sulit tidur atau insomnia, sudah tentu pula jadi masalah yang dampaknya cukup signifikan untuk pemulihan kondisi tubuh. Tidur yang gelisah atau karena gangguan, menyebabkan kualitas tidur menjadi kurang baik yang tentunya berdampak pada kondisi tubuh esok hari.

Bicara masalah tidur yang gelisah atau justru sulit untuk tidur, kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan. Namun, aktivitas-aktivitas yang kita lakukan sebelum tidur pun, bisa jadi penyebab kita sulit untuk tidur atau bahkan menyebabkan tidur kita tidak nyenyak.

Ada beberapa aktivitas yang sebenarnya tidak boleh dilakukan sebelum tidur, karena akan menyebabkan kualitas tidur kita berpengaruh. Dilansir dari merahputih.com (29/5), aktivitas-aktivitas tersebut adalah:

1. Melakukan olahraga berat

Hindari 3 kebiasaan ini agar tidurmu lebih berkualitas

Foto: health.kompas.com

Olahraga berat sangat dilarang dilakukan sebelum tidur, karena bisa membuat detak jantung lebih kencang. keadaan ini akan membuat kita sulit untuk tidur. Alih-alih menjadikan tidur kita nyenyak, olahraga berat justru bisa menyebabkan tubuh kita lemas keesokan harinya.

Jika ingin berolaharaga sebelum tidur, maka harus memilih olahraga yang sifatnya ringan. Akan lebih baik, olahraga tersebut bisa merelaksasi badan dan pikiran.

2. Mengkonsumsi makanan berat

Hindari 3 kebiasaan ini agar tidurmu lebih berkualitas

Foto: bisniswisata.co.id

Makanan berat berpotensi meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh. Hal ini menjadikan pencernaan di dalam tubuh kita akan tetap bekerja untuk mencerna dan mengurai makanan. Hal ini menyebabkan kualitas tidur kita menjadi kurang baik.

Jika pun seandainya kita merasa makanan tersebut sudah dicerna, posisi tidur kita pun menjadi terbatas. Setidaknya kita harus mengawali tidur dengan posisi horizontal dan tidak boleh berubah-ubah dahulu.

3. Beraktivitas dengan alat elektronik

Hindari 3 kebiasaan ini agar tidurmu lebih berkualitas

Foto: devapps.org

Di era milenial sekarang, ponsel seolah-olah telah menjadi teman sebelum tidur. Padahal, menggunakan alat elektronik ini sebelum tidur sangat tidak dianjurkan, karena bisa menurunkan kualitas tidur kita.

Cahaya yang dipancarkan oleh alat ini atau alat elektronik lain seperti laptop, akan membuat tubuh dan pikiran kita sulit untuk rileks. Oleh sebab itu, mata kita akan sulit terpejam.