Pernahkah kamu terbangun di pagi hari dengan perasaan gundah, sedih dan tak bersemangat sama sekali? Terutama untuk pergi bekerja yang rasanya berat, seperti hendak pergi ke medan perang. Jam di kantor terasa berputar lebih lambat membuatmu tak sabar menanti jam pulang. Kamu juga berubah menjadi sosok yang sensitive, mudah kesal, bahkan untuk hal yang sepele.

Padahal biasanya kamu sangat mencintai pekerjaanmu hingga hari-hari di kantor berlalu sangat menyenangkan. Bagimu pekerjaan dan karir adalah bukti eksistensi serta bukti cinta atas bidang yang kamu sukai. Namun, sekarang semua semangat dan ketertarikan kamu seakan menguap tanpa bekas.

Bila kamu merasakan hal-hal seperti di atas, berhati-hatilah sebab itu tandanya kamu sedang jenuh dengan pekerjaanmu. Menurut John D.Eastwood, seorang Profesor Psikologi dari York University di Toronto, seseorang yang sedang jenuh perlu menemukan jalan keluar dari perasaan terpaksa setelah harus melakukan pekerjaan/hal yang sebenarnya tidak mereka sukai. Berikut ini adalah tips-tips yang patut kamu coba untuk mengatasi kejenuhanmu.

1. Berani Ambil Risiko

Kamu merasa pekerjaanmu nggak bikin berkembang? Ambil 4 langkah ini!

Source: Pixabay

Bertahun-tahun mengerjakan pekerjaan yang sama lama-kelamaan kamu akan menjadi ahli dan terbiasa. Tentu sebenarnya, menjadi ahli dan jago disatu pekerjaan merupakan kabar baik. Akan tetapi bisa juga menimbulkan kebosanan jika sudah tak ada lagi tantangan. Cobalah untuk melangkah lebih jauh dengan berani mengambil risiko lebih tinggi. Katakan pada atasanmu bila kamu siap menerima pekerjaan dengan tanggung jawab lebih besar dari sebelumnya.

2. Berinovasi

Namun, kalau belum ada kesempatan bagimu untuk memikul beban kerja yang lebih berat, kamu dapat gunakan cara lain. Perhatikan daftar pekerjaanmu dan buatlah daftar bagimana kamu mengerjakannya. Dari daftar itu, kamu bisa pelajari bagian mana yang dapat kamu ubah, menjadi lebih baik tentunya.

3. Cari Kegiatan Lain

Kamu merasa pekerjaanmu nggak bikin berkembang? Ambil 4 langkah ini!

Source: Pixabay

Bukan hanya kerja dan hang out saja, percayalah hidupmu terasa lebih berwarna dan berguna daripada itu. Temukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya kamu bisa bergabung dengan klub buku, klub menulis, ikut kelas dance, atau buat tutorial make up. Ingat, kamu sudah jenuh dengan kantor, jangan biarkan social life kamu ikut membosankan!

4. Evaluasi

Setelah kamu melakukan berbagai cara untuk mengatasi kejenuhan, perhatikanlah perubahan yang terjadi. Apakah jenuhnya menghilang atau tetap ada. Jika kamu masih merasakan hal yang sama, siap-siaplah mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan minat kamu.

Selamat mencoba!

Kamu merasa pekerjaanmu nggak bikin berkembang? Ambil 4 langkah ini!

source: Pixabay