×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jauhkan 7 makanan ini jika ingin kucingmu lincah dan sehat

0

Binatang

Jauhkan 7 makanan ini jika ingin kucingmu lincah dan sehat

Gambar oleh JOS SOMOVILLA dari Pixabay

Konsumsi makanan manusia tidak selalu cocok bagi kucing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Raihan

05 / 07 / 2019 13:31

Siapa sih yang tidak ingin melihat kucingnya sehat dan lincah? Pastinya kamu sebagai pemilik kucing harus merawatnya dengan hati-hati dan kamu harus rutin menjaganya agar kucingmu terlihat menggemaskan di mata majikannya dengan bulu-bulu yang indah dan memesona. Tidak hanya memperhatikan keindahannya saja lho, namun kamu juga harus memperhatikan makanannya. Agar kesehatan kucingmu terjaga, berikut ini beberapa makanan yang seharusnya tidak boleh kamu kasih kepada kucing kesayanganmu. 

1. Ikan asin.

Ikan asin

Kucing adalah hewan yang suka memakan daging, baik itu daging ikan maupun ayam. Tapi ini tidak berlaku pada ikan asin. Memang ikan asin bagian dari daging ikan dan mungkin ada beberapa orang memilih makanannya dengan ikan asin karena bau yang menyengat sehingga menarik nafsu si kucing. Jika kucingmu sejenis kucing persia atau anggora, jangan sekali-kali memberinya ikan asin karena bahayanya bisa membuat bulu si kucing menjadi rontok. Pastinya kamu tidak mau kan bulu kucingmu menjadi rontok?

2. Susu.

Loading...

Susu

Mungkin kita sering melihat kucing diberikan susu. Tapi, itu tidak berlaku bagi semua kucing lho.  Pemberian susu konsumsi manusia pada kucing biasanya ada kandungan lain dan bisa saja kucing punya intoleransi laktosa dari susu tersebut. Sehingga ketika kucingmu diberi susu dapat mengakibatkan penyakit diare. 

3. Cokelat.

Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang banyak disukai oleh semua orang dan hampir setiap hari mengonsumsi cokelat karena memiliki banyak manfaat dan bisa mengubah mood seseorang. Tapi apakah si kucing boleh diberi cokelat? Tentu saja tidak karena cokelat memiliki kandungan Theobromine yang dapat membahayakan kesehatan kucing. Gejala yang dapat muncul seperti serangan jantung, kejang-kejang, dan nyeri pada perut. 

4. Bawang-bawangan.

Bawang

Bawang, baik itu bawang putih dan bawang merah merupakan bahan bumbu penyedap rasa untuk cita rasa makanan seperti tumisan dan sebagainya. Mungkin bawang tidak berdampak buruk bagi manusia. Tapi hal ini berbeda pada kucing karena bawang memiliki kandungan Tiosulfat yang dapat membahayakan kucing dan bisa juga merusak sel darah merah. Adapun penyakit lainnya seperti muntah, mual, dan diare. Maka dari itu, hindari makanan yang mengandung bawang ya. 

5. Daging mentah.

Daging merah

Daging mentah seperti daging ayam, daging sapi, dan ikan memang buruan para kucing. Tapi untuk itu janganlah diberi makanan daging mentah karena bisa berdampak buruk pada kesehatan kucing. Daging mentah tersebut memiliki enzim yang bisa menghancurkan vitamin. Jika diberi daging mentah akan menyebabkan gangguan serius pada saraf dan dapat terjadinya koma pada kucing. Sebaiknya, daging tersebut direbus dulu ya. 

6. Telur mentah.

Telur mentah

Tak hanya daging mentah saja, telur mentah terutama pada putih telur ternyata tidak boleh diberikan pada kucing kesayanganmu. Karena pada putih telur banyak mengandung protein Avidin yang dapat menghambat penyerapan vitamin B. Sehingga, apabila dikonsumi bisa menyebabkan masalah pada kulit dan bulu kucingmu menjadi rontok. 

7. Tulang ikan.

Tulang ikan

Tulanh ikan sebenarnya jangan diberi pada si kucing ya, apalagi dalam adukan nasi dan dagingnya menjadi satu. Masalahnya dapat membahayakan pada saluran pencernaan seperti terlukanya kerongkongan si kucing. Maka dari itu, jangan sekali-kali memberikan tulang ikan pada kucing jika tidak ingin dia tersedak. 

Itulah 7 makanan yang dapat kamu jauhkan dari kucing kesayanganmu. Semoga bermanfaat dan semoga kucing imutmu sehat selalu ya. 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red