×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan salah kaprah, ini perbedaan antara antisosial dan asosial

0

Kepribadian

Jangan salah kaprah, ini perbedaan antara antisosial dan asosial

Sulit bergaul bukan berarti antisosial.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Diani Nur Fatimaisha

24 / 09 / 2019 11:15

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata antisosial? Jika kalian menjawab perilaku menyendiri, sulit bergaul, dan tidak punya teman, berarti kalian termasuk orang-orang yang masih salah kaprah dalam mengartikan istilah ini.

Pengertian keliru “ansos” sendiri sudah umum di lingkungan masyarakat hingga acap kali orang-orang menyamakannya dengan istilah asosial. Lalu, apa sih makna antisosial dan asosial yang sesungguhnya? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut ini!

Antisosial.

Antisosial merupakan gangguan kepribadian di mana terjadi penyimpangan moral maupun norma pada seseorang yang berpotensi membahayakan orang lain. Dalam istilah lebih populer, antisosial dikenal juga dengan sebutan sosiopat. Gangguan kepribadian ini ditandai dengan ciri-ciri rendahnya rasa sosialisasi, kurangnya rasa penyesalan dan empati, manipulatif, ekspoliatif, mengabaikan hukum, dan bertindak kriminal tanpa motif yang logis.

Mengutip dari laman alodokter.com, seseorang dapat dikategorikan mengidap gangguan kepribadian antisosial setelah berusia di atas 18 tahun. Namun, label ini hanya diberikan jika gejala atau tanda-tanda sudah muncul sebelum mereka menginjak usia 15 tahun. Gangguan kepribadian ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, pengaruh lingkungan, serta pola asuh yang salah.

Loading...

Asosial.

Berbeda dengan antisosial, asosial merupakan disfungsi kepribadian di mana seseorang memisahkan diri dari interaksi sosial dan cenderung tidak memedulikan orang lain. Seseorang yang mengalami asosial bisa saja bergaul dengan baik, namun mereka lebih sering memilih untuk tidak melakukannya. Alasannya bermacam-macam, entah itu tidak tertarik, kurang percaya diri, lebih menyukai kesendirian, dan lain sebagainya. Namun jika asosialitas terus dibiarkan akan berdampak terhadap kehidupannya, seperti tidak mendapat pengakuan dari orang lain atau tidak dianggap keberadaannya.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan antisosial dan asosial? Jangan sampai salah sebut lagi, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red