Kalau sudah jerawatan, semua pasti pusing tujuh keliling dibuatnya. Penampilan jadi rusak, wajah jadi kurang menarik dan kepercayaan diri pun menurun. Lebih pusing lagi kalau jerawatnya segede biji jagung.

Sejauh ini, kita tahu bahwa stres, makanan, wajah berminyak dan kurang peduli terhadap perawatan wajah, adalah beberapa hal yang memicu munculnya jerawat. Namun jangan salah, kebiasaan tidur yang selama ini kita lakukan, bisa juga jadi penyebab jerawat loh!

Nah, bagi yang kulit wajahnya terawat dan tak berminyak namun masih juga jerawatan, jangan-jangan kebiasaan tidur kamu yang jadi penyebabnya. Dilansir dari sociolla.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan tidur yang bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

1. Alas kasur, bantal dan guling kotor.

Jangan lakukan 3 hal ini saat tidur, bisa jerawatan

Foto: bangka.tribunnews.com

Malas mencuci dan mengganti sprei dan alas tidur lainnya seperti sarung bantal dan guling, merupakan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Alas tidur yang kotor bisa menjadi sarang hewan-hewan kecil seperti tungau atau kutu.

Kotoran-kotoran ini tentu bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kulit, salah satunya jerawat. Oleh sebab itu, setidaknya 2 minggu sekali ganti alas tidur dan segera cuci yang sudah kotor.

2. Ngemil di tempat tidur.

Jangan lakukan 3 hal ini saat tidur, bisa jerawatan

Foto: fobuma.com

Kebiasaan buruk yang satu ini jangan sekali-kali dilakukan, deh. Meskipun kita suka mager dan selalu merasa nyaman di atas kasur, kebiasaan negmil harus dihindari. Kasur akan menjadi cepat kotor karena sisa makanan. Kotoran ini bisa menyebabkan jerawat karena bersentuhan dengan wajah ketika tidur.

3. Menggunakan body lotion.

Jangan lakukan 3 hal ini saat tidur, bisa jerawatan

youthmanual.com

Maksudnya di sini bukan gak boleh menggunakan body lotion. Menggunakan krim jelas dianjurkan untuk perawatan kulit. Namun perlu diingat, body Lotion dirancang untuk seluruh tubuh, tapi nggak untuk wajah.

Jangan lupa membersihkan atau mencuci tangan setelah menggunakan body lotion. Krim ini mengandung parfum yang bisa saja masih tersisa dan melekat di tangan jika gak dibersihkan.Oleh sebab itu, ketika secara gak sengaja tangan menyentuh wajah, bisa-bisa akan menyebabkan jerawat. Selain itu, sebaiknya gak membiasakan tidur bersandar pada tangan ya.