×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah penyebab, gejala, dan cara pengobatan tumor

0

Kesehatan

Inilah penyebab, gejala, dan cara pengobatan tumor

Ilustrasi sel mitosis / Foto: Colin Behrens dari Pixabay

Tumor merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang sebab bisa menjadi ganas dan membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

05 / 05 / 2020 15:48

Tumor merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan akibat sel yang memperbanyak dirinya secara berlebihan dan tak terkendali. Tumor juga bisa muncul saat sel lama yang seharusnya mati masih terus bertahan hidup, sedangkan pembentukan sel baru terus terjadi.

Pada dasarnya, tumor dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, seperti kulit, mulut, tulang, rahang, dan sebagainya. Selain itu, tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dikatakan tumor jinak apabila tumor yang tumbuh tidak menyerang sel normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan menyebar kebagian tubuh lainnya (metastasis).

Penyebab tumor.

Tumor terbentuk adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru yang tumbuh dengan jumlah sel lama yang sudah mati namun masih bertahan hidup. Hal ini umumnya terjadi akibat sel baru terbentuk secara berlebihan.

Ketidakseimbangan pertumbuhan antara sel baru dan sel mati yang masih hidup tersebut dapat berbeda-beda, tergantung dengan jenis tumor yang dialami. Meski begitu, penyebabnya masih belum dapat dipastikan.

Loading...

Gejala tumor.

Gejala dari tumor sendiri adalah terbentukya sebuah benjolan. Benjolan ini umumnya dapat dilihat dengan mudah dari luar. Akan tetapi bisa juga tidak terlihat apabila tumor terbentuk di organ dalam. Umumnya, benjolan tumor di organ dalam baru terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Dalam kasusu tertentu, benjolan yang mirip tumor bisa terjadi akibat kista. Selain munculnya benjolan, gejala lain yang timbul akibat tumor biasanya tergantung pada jenis, lokasi, serta pengaruh tumor terhadap fungsi organ.

Pengobatan tumor.

Pengobatan tumor juga dilakukan berdasarkan jenis, lokasi, ukuran, serta jinak atau ganasnya tumor tersebut. Umumnya, tumor jinak yang ukurannya kecil dan tidak menimbulkan gejala tidak perlu melakukan perawatan khusus. Dokter hanya akan memeriksa perkembangan secara rutin untuk memantau perkembangan tumor.

Sementara itu, jika tumor jinak tumbuh dengan ukuran besar hingga menekan saraf, pembuluh darah, atau mengganggu fungsi organ yang ada di sekitarnya, maka dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan tindakan pengangkatan tumor.

Selain pengangkatan tumor, ada beberapa metode yang dapat dilakukan oleh dokter onkologi, khususnya untuk pengidap tumor ganas atau kanker. Di antaranya sebagai berikut:

- Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker.

- Radioterapi menggunakan sinar khusus berenergi tinggi untuk membunuh dan mencegah penyebaran sel kanker, serta mengurangi ukuran tumor.

- Terapi hormon untuk menghambat produksi hormon sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

- Imunoterapi / terapi biologi menggunakan obat-obatan dan memanfaatkan sistem imun untuk memberantas sel kanker.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red