Anemia merupakan suatu kondisidi mana tubuh kekurangan sel darah mengandung hemoglobin yang berguna untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan tubuh penderita merasa lemah dan lesu sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek ataupun panjang, mulai dari tingkat keparahan yang ringan hingga serius. Kondisi ini dapat diatasi dengan mudah apabila diketahui penyebabnya. Pasalnya, anemia dapatdisebabkan akibat kekurangan zat besi, akibat menstruasi, atau anemia yang terjadi selama masa kehamilan. Maka dari itu, penting bagimu untuk mengetahui penyebab, gejala, dan cara mencegah anemia.

Penyebab anemia.

Anemia pada dasarnya terjadi akibat tiga kondisi, yakni kurangnya produksi sel darah merah, hancurnya sel darah merah yang terlalu cepat, dan kehilangan darah secara berlebihan. Dengan begitu sel-sel di dalam tubuh tidak mendapat jumlah oksigen yang cukup sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Gejala anemia.

Gejala umum yang dapat dirasakan penderita anemia antara lain adalah tubuh lemas dan mudah lelah, pusing dan sakit kepala, nyeri dada, tangan dan kaki terasa dingin, kulit tampak pucat atau kekuningan, napas pendek, dan detak jantung tidak beraturan.

Pencegahan anemia.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinyaanemia:

1.Penuhikebutuhan zat besi.

Untuk mencegahanemia, hal pertama yang harus kamu lakukan adalahmemastikan bahwa asupan zat besi terpenuhi melalui makanan yang dikonsumsi. Kamu dapat mengonsumsi makanankaya akan zat besiseperti daging merah, hati sapi, udang, kerang-kerangan, dan lain sebagainya. Selain itu, asupan zat besi juga dapat kamu peroleh darikacang-kacangan dan sayuran hijau, seperti bayam.

2.Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

Selain zat besi,kamu juga harus mendapatkan asupan vitamin B12 agar terhindar dari anemia. Vitamin B12 juga dapat membantumemaksimalkan penyerapan zat besi. Kamu dapat memperoleh asupan vitamin B12 dari beberapa makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, telur, dan juga produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

3.Konsumsiobat penambah darah.

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi makanan penambah darah saja tidak cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Maka dari itu, kamu juga perlu mengonsumsi obat penambah darah untuk mencegah anemia.