Beberapa dekade yang lalu perhelatan tinju pernah menjadi daya tarik yang menjadi perhatian dunia. Saking kuatnya pengaruh tinju saat itu, sampai-sampai para atlet tinju menjadi begitu terkenal, memiliki nama besar dan berpengaruh.

Tapi di antara petinju-petinju yang saat itu bisa dibilang juaranya tinju, ada beberapa dari mereka yang masuk Islam. Berikut adalah petinju berpengaruh yang beragama Islam dalam sejarah dunia:

1. Prince Naseem Hamid

Petinju asal Britania Raya, Inggris ini memang berasal dari keluarga Muslim, tepatnya daerah Yaman.

5 Petinju dunia yang memeluk agama Islam

2. Amir Khan

Sama dengan Prince Naseem Hamed, Amir Khan juga berasal dari Britania Raya, Ingrris. Tapi ia dari keluarga Muslim asal Pakistan.

5 Petinju dunia yang memeluk agama Islam

3. Bernard Hopkins

Ia berkompetisi dari tahun 1988 sampai 2016. Hopkins salah satu petinju tersukses selama 3 dekade yang lalu dan merupakan salah satu great middleweight champions sepanjang masa.

5 Petinju dunia yang memeluk agama Islam

4. Mike Tyson

Petinju ini dikenal dengan Si Leher Beton, lawan-lawannya sering dibuat ko hanya dalam beberapa menit di ronde pertama. Pukulannya sangat keras dan merupakan petinju termuda yang menjadi juara kelas berat dunia di usianya yang belum 20 tahun.

5 Petinju dunia yang memeluk agama Islam

Namunbak roda kehidupan, kegagalanperlahan mulai menghinggapi Tyson. Dimulai dari kekalahannya perdananya di tangan James Buster Douglas pada 1990, Tyson mulaiberubah jadi sosok yang rapuh.Kehidupan Tyson jatuh ke titik terendah saat ia harus mendekam di penjara lantaran kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Di dalam penjara,Tyson yang bersahabat dengan Muhammad Siddeeq kemudian memutuskan untuk memeluk Islam dan memilikinama baru Malik Abdul Aziz. Namun, Tyson memilih untuk menggunakan nama lamanya dalam kehidupan sehari-hari.Persahabatannya dengan Hakeem Olajuwon dan kekagumannya pada Muhammad Ali juga berperan besar di balik keputusannya. Masuknya Tyson ke Islam adalah salah satu berita besar yang ada di periode 90-an.

5. Muhammad Ali

Ia merupakan petinju dunia yang dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling signifikan, kontroversial dan berpengaruh baik di atas ring maupun di luar arena.

5 Petinju dunia yang memeluk agama Islam

Nah buat kamu yang mengidolakan sosok-sosok ini, saatnya kamu buktikan dengan prestasi seperti yang mereka lakukan. Tetap semangat!