Selain keindahan dan kekayaan alamnya, Indonesia juga punya segudang kuliner dan cita rasa yang tak kalah ciamik. Salah satu cita rasa yang paling terkenal di seluruh penjuru dunia adalah kopi yang berasal dari Indonesia. Bahkan, kafe kopi yang paling terkenal Starbucks pun juga mengambil biji kopi dari Indonesia untuk mengolah minuman yang dijualnya.

Kamu pun pasti pernah mendengar salah satu jenis biji kopi yang paling terkenal dan konon paling mahal di Indonesia, yakni kopi luwak. Yup, kopi luwak ini merupakan biji kopi yang berasal dari pencernaan binatang luwak. Katanya kopi luwak ini terasa lebih lezat dan keharuman yang luar biasa.

Namun ternyata tidak hanya Indonesia saja yang punya tradisi kopi yang aneh, di negara lain pun juga terdapat jenis kopi yang mungkin bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Kopi Burung Jacu


5 Kopi unik dari berbagai negara, ada yang campur ludah monyet Sama seperti proses pembuatankopi luwak di Indonesia, negara Brazil juga menggunakan burung jacu sebagai mediator. Proses yang dilakukan juga sama hingga kepada pembuatan kopi yang siap diminum. Konon katanya burung jacu itu sangat pemilih dan hanya akan memakan biji kopi terbaik, maka kopi jacu ini juga akan terasa sedap.

2. Monkey Spit Coffee


5 Kopi unik dari berbagai negara, ada yang campur ludah monyet Kalau kamu berani mencoba kopi luwak dan kopi burung jacu, kamu juga harus mencoba kopi yang satu ini. Kopi kali ini terbuat dari campuran air liur monyet karena monyet-monyetmacaqueyang berasal dari Taiwan gemar menghisap buah kopi. Para petani kopi menemukan bahwa biji-biji yang sudah tercampur ludah monyet tersebut memiliki rasavanillayang unik. Sayangnya kopi ini masih sangat langka, walaupun di Taiwan.

3. Kopi Campur Keju


5 Kopi unik dari berbagai negara, ada yang campur ludah monyet

Kopi keju ini berasal dari Finlandia dan memiliki nama khasKaffeost. Proses pembuatan kopi keju ini juga cukup unik, keju akan dikentalkan dan dipanggang hingga berwarna cokelat. Setelah itu, keju dipotong dalam bentuk dadu dan dicelupkan kedalam kopi. Konon katanya, lumeran keju ini terasa sangat nikmat, memberikan rasacreamydan asam yang membuat kopi tersebut bikin nagih!

4. Kopi Custard dengan Telur


5 Kopi unik dari berbagai negara, ada yang campur ludah monyet

Kalau jenis kopi yang satu ini sampai sekarang masih populer di Hanoi, Vietnam. Caranya, kuning telur dan susu kental manis akan dicampurkan ke dalam sebuah kopi dan menghasilkanCa Phe Trung. Rasanya seperti sebuahcustardkopi yang sangat lembut.

5. Kopi Campur Mentega/Butter


5 Kopi unik dari berbagai negara, ada yang campur ludah monyet

Sekitar dua tahun yang lalu, kopi mentega sempat menjadi sangat populer di Singapura dan Tibet. Jadi orang-orang akan memasukkan beberapa sendok mentega atau butter ke dalam kopi mereka. Kamu boleh coba juga, tapi jangan sampai ketagihan. Dilansir dari iPrice Trend, segelas kopi mentega ini mengandung 500 kalori. Sepertinya big NO buat kamu yang sedang diet ya!

Itulah beberapa jenis kopi-kopi unik yang ada di berbagai dunia. Tertarik untuk mencobanya?