×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah efek bahaya main Instagram bila tidak ada kontrol diri

0

Kepribadian

Inilah efek bahaya main Instagram bila tidak ada kontrol diri

Berdasarkan penelitian, Instagram mempunyai dampak negatif yang lebih bahaya pada mental.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hanifah Ist

02 / 11 / 2018 11:44

Masalah mental sekarang ini banyak diderita oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Terkadang diri sendiri suka tidak sadar jika mentalnya sedang terganggu, apalagi penyebab dari penyakit mental itu sendiri. Untuk mengetahui penyebabnya memang tidak gampang. Namun, kita bisa mulai dari sedikit beristirahat dari social media terutama Instagram.

Berdasarkan penelitian, Instagram mempunyai dampak negatif yang lebih bahaya pada mental diketimbang social media lainnya. Instagram menampilkan foto dan video pendek yang kebanyakan dari penggunanya menunjukkan kehidupan pribadi. Seperti tempat tinggal, liburan, lingkaran pertemanan, gaya hidup, dan masih banyak lainnya. Namun, bagi sebagian pengguna yang tidak mampu untuk meng-afford hal-hal serupa maka akan timbul semacam kecemburuan sosial. Dari situlah akhirnya orang-orang banyak yang berusaha untuk menunjukkan hal yang sama tanpa peduli apa usaha yang dilakukan asal mereka bisa terlihat "sama". 

Banyak yang akhirnya mereka "menipu diri sendiri" dimana pada kenyataannya mereka bukanlah orang yang seperti "itu" dan bahkan tidak mampu. Mereka melihat hal tersebut adalah hal yang keren dan mereka ingin terlihat sama. Mungkin jika masih dalam skala kecil hal ini terlihat biasa saja dan tidak bermasalah, namun akan menjadi bahaya karena pada dasarnya sekarang ini hampir 24 jam orang mengakses Instagram dan melihat hal-hal tersebut bermunculan terus menerus di timeline mereka. 

Ditambah sekarang ini anak dibawah umur juga mengakses Instagram tanpa ada bimbingan orangtua. Mereka akan menelan informasi secara bulat-bulat apa yang sekiranya mereka sukai tanpa tahu dampak kedepannya seperti apa. Disamping itu, akibat dari Instagram juga banyak yang menyebabkan penggunanya tidak bisa memisahkan ataupun membedakan kehidupan asli dan kehidupan maya. Mereka meng-upload konten yang sebenarnya tidak layak untuk ditaruh di social media atau terkadang mereka benar-benar memperlihatkan semua kehidupan nyatanya untuk dilihat semua orang.

Selain itu, sudah banyak diberitakan mengenai banyaknya para pengguna Instagram yang terkena dampak lainnya seperti tertipu, cyber crime, hingga melakukan bunuh diri. Tentu kita tidak mau tertimpa hal serupa, bukan? Berdasarkan penelitian, banyak dari orang-orang yang mengaku menjadi lebih positif hidupnya setelah beristirahat sejenak dari Instagram. 

Loading...

Bagi kita yang sudah sadar akan dampak buruk Instagram ini, marilah istirahatkan sejenak pikiran, badan, dan mental kita dari hal-hal yang disuguhkan di internet. Mari lebih fokuskan diri pada real life kita yang ada di depan mata, capai mimpi kita dan goals hidup kita terlebih dahulu. 

Bagi pengguna Instagram, jadilah pengguna yang bijak dan jadikan platform tersebut menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat. 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red