Bicara tentang aplikasi Android yang tersedia di Google Play, ada dua jenis aplikasi yang bisa didownload berbayar dan gratis. Aplikasi-aplikasi tertentu ada yang diciptakan secara gratis namun untuk mendapatkan akses atau layanan premium, pengguna harus meng-upgrade aplikasi tersebut ke versi yang berbayar.

Namun hal itu bukan masalah besar karena pihak pengembang biasanya hanya membanderol harga yang masih bisa dibilang terjangkau berkisar ratusan ribu rupiah untuk meng-upgrade aplikasi dari versi biasa ke versi premium.

Namun apa jadinya jika sebuah aplikasi dibanderol hingga Rp 5,5 juta? Jika aplikasi tersebut bermanfaat untuk aktivitas tertentu mungkin masih banyak orang yang rela membelinya. Namun nyatanya aplikasi bernama "Abu Moo Colletion" tersebut sama sekali tidak jelas gunanya. Aplikasi Android termahal di dunia ini fungsinya bikin tepuk jidat

Aplikasi aneh yang dikembangkan oleh developer bernama Abu Moo ini hanya menyediakan enam jenis gambar berlian. Di mana masing-masing berlian tersebut harganya Rp 5.5 juta, untuk memiliki keenam koleksi gambar berlian tersebut maka harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 33 juta.

Jadi bisa dibilang aplikasi ini menjual berlian virtual yang hanya bisa dilihat melalui smartphone atau tablet. Bahkan hingga saat ini aplikasi berlian Abu Moo ini menjadi aplikasi termahal di Android, sekaligus menjadi aplikasi paling sia-sia untuk di beli. Bayangkan saja, daripada untuk membeli aplikasi satu Abu Moo seharga Rp 5,5 juta, lebih baik untuk membeli satu smartphone yang jauh lebih berguna.

Setiap aplikasi dilengkapi dengan widget berukuran 1x1 yang tidak bisa digunakan untuk apapun kecuali untuk menunjukkan sebuah berlian di layar smartphone. Hingga saat ini baru ada beberapa orang yang khilaf dan membeli ke-enam aplikasi tersebut. Namun bukan tidak mungkin akan ada orang yang khilaf atau anak sultan lainnya yang membeli aplikasi aneh tersebut.