Tuduhan yang dilontarkan Radiohead kepada penyanyi solo asal Amerika Serikat Lana Del Rey tentang dugaanplagiarismetelah selesai. Thom Yorke dkk memutuskan menyelesaikan kasus tersebut dengan jalan islah. Dilansir dariThe Guardian, Selasa (27/3/2018).

Awal tahun ini, penyanyi bernama asli Elizabeth Woolridge Grant dituduh melakukan pelanggaran hak cipta karena laguGet Freemiliknya mirip dengan laguCreepdari Radiohead.Get Free, merupakansingleyang bersemayam dalam albumLust For Life(2017).

Kisah akhir drama perselisihan Lana Del Rey dan Radiohead

Del Rey kemudian mengonfirmasi kepada para penggemar melalui akun Twitter-nya dengan mengatakan Radiohead meminta seluruh keuntungan atas penjualan lagu tersebut diberikan kepada mereka.

Benar, tentang gugatan itu. Meskipun saya tahu lagu saya tidak terinspirasiCreep, Radiohead tetap merasa saya menjiplaknya. Mereka bahkan menginginkan 100 persen pendapatan dari penerbitan lagu itu," tulis Del Rey.

Kisah akhir drama perselisihan Lana Del Rey dan Radiohead

"Selama beberapa bulan terakhir, saya menawarkan hingga 40 persen tetapi mereka hanya akan menerima 100 persen. Pengacara mereka bekerja tanpa henti, jadi kami akan menghadapinya di pengadilan," lanjutnya.

Namun, Radiohead menyangkal jika proses hukum sedang berlangsung. Mereka mengklaim pihaknya justru sedang mengupayakan langkah-langkah islah melalui sebuah diskusi dengan perwakilan Del Rey.


Terbukti, Del Rey bahkan bisa kembali membawakan laguGet Freedi atas panggung seperti yang dilakukannya saat tampil di Lollapalooza di Brasil akhir pekan lalu.

"Sekarang gugatan itu telah selesai, saya pikir saya bisa menyanyikan lagu ini kapanpun saya mau, ya kan? kata Del Rey merespons permintaan penonton pada sesiencore.