×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

0

Global

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Ini mungkin merupakan pulau impian para orang-orang yang ingin kesunyian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fikri Alfathan

23 / 07 / 2019 11:30

Buat orang-orang yang kurang menyukai keramaian, maka pulau-pulau berikut ini adalah pulau impian mereka. Setiap pulau memiliki kisah aneh di balik terisolasinya pulau tersebut. Berikut ini adalah 8 pulau paling sepi dan terpencil di dunia!

1. St. Helena, Britania Raya. Populasi: 4534.

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Saint Helena merupakan sebuah pulau vulkanik yang terletak sekitar 4000 km dari Rio de Janeiro, Brazil, dan 1850 km dari pesisir Afrika. Ketika Saint Helena pertama kali ditemukan oleh para penjelajah Spanyol pada tahun 1502, pulau ini masih belum berpenghuni. Sekarang, pulau ini berada di bawah awasan Britania bersama dengan Pulau Ascension dan Tristan da Cunha.

Selama ribuan tahun lamanya, pulau ini telah menjadi tempat pelabuhan penting bagi kapal-kapal yang melintas di antara Benua Eropa dan Asia. Pulau ini paling dikenal karena merupakan tempat di mana Napoleon Bonaparte ditahan ketika ia diasingkan ke Saint Helena pada tahun 1815. Napoleon tinggal di Longwood selama enam tahun sebelum akhirnya ia meninggal karena kanker perut pada tahun 1821 ketika ia berumur 51 tahun.

Loading...

Napoleon bukanlah satu-satunya orang yang dikirim ke Saint Helena untuk ditahan. Sejak pertama kali pulau ini ditemukan sudah digunakan untuk menahan para orang-orang yang diasingkan dan para narapidana karena lokasinya yang terpencil.

Pulau ini sempat menahan sekitar 6000 narapidana dari Perang Boer pada awal 1900an, namun sekarang Saint Helena hanya ditinggali oleh hewan-hewan yang mayoritas merupakan serangga yang uniknya tidak ada di daerah lain di Bumi kecuali di sini.

2. Ball’s Pyramid, Lord Howe Island. Populasi: Hanya ilmuwan dan para peneliti yang selalu berganti-ganti.

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Ball's Pyramid menjulang ke atas setinggi 562 meter dan merupakan tumpukan pulau vulkanik tertinggi di Bumi. Berdiri tegap tinggi dari kedalaman lautan Tasman, pulau yang sangat berbatu ini telah berumur tujuh juta tahun. Pulau ini terkenal karena merupakan habitat asli serangga Lord Howe.

Karena serangga tersebutlah pulau ini selalu saja ada yang meninggali. Ini karena para ilmuwan dan peneliti rela membangun tempat berteduh di pulau ini hanya untuk meneliti serangga tersebut.

Namun, baru-baru ini pulau ini juga mulai tenar karena menjadi tujuan memacu adrenalin dengan memanjat tebing yang tinggi di pulau ini dan menjelajah goa yang ada di sini.

3. Amsterdam Island, Prancis. Populasi: Hanya ilmuwan dan para peneliti yang selalu berganti-ganti.

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Pulau ini pertama kali ditemukan oleh Sebastian del Cano pada tahun 1522 ketika ia masih menjadi bagian dari penjelajah di kapal Ferdinand Magellan. Baru pada 1871 manusia mencoba untuk tinggal di pulau ini berdasarkan buku sejarah Heurtin.

Sekelompok kecil orang mencoba untuk bercocok tanam dan berternak selama tujuh bulan sampai akhirnya mereka mengabaikan semua hasil jerih payah mereka tersebut dan meninggalkan pulau.

4. Christmas Island, Australia. Populasi: 1843.

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Ketika para penjelajah asal Eropa pertama yang menjelajah menggunakan kapal British East India menemukan Christmas Island pada tahun 1643, pulau ini masih belum memiliki penduduk tetap. Pulau ini masih belum memiliki penduduk sampai suatu saat seorang naturalis asal Inggris menemukan sampel fosfat dari kapur murni pada tahun 1887.

Penemuan ini sangat menarik perhatian karena zat tersebut digunakan untuk membumbui makanan. Zat ini juga ditemukan di bedak bayi dan pasta gigi.

Pulau ini lalu dianeksasi oleh kerajaan Inggris dan penambangan zat ini pun dimulai. Hanya penambangan yang dilakukan di pulau ini sampai abad selanjutnya, namun pada tahun 1990-an zat fosfat tersebut mulai habis.

5. Pingelap, Micronesia. Populasi: 250.

Inilah 5 pulau paling sepi dan terpencil di dunia

Pulau ini merupakan satu dari tiga pulau karang Pingelap dan merupakan satu-satunya pulau Pingelap yang tidak berpenghuni. Pulau ini terletak di tengah Pasifik Selatan dan merupakan bagian dari Micronesia. 250 orang yang tinggal di sini berbicara menggunakan bahasa Pingelap. Sekitar 10% penduduk pulau ini menderita buta warna total, sebuah kondisi yang sangat langka yang hanya satu dari 30.000 orang menderita kondisi ini.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red