×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 perbatasan negara yang paling ribet dan membingungkan!

0

News

Inilah 5 perbatasan negara yang paling ribet dan membingungkan!

Di dalam negara ada wilayah negara lain, di mana di dalam ada wilayah negara lain lagi! Bingung, kan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

17 / 09 / 2018 15:33

Kebanyakan kita tahu bahwa perbatasan negara berupa sebuah garis yang dalam dunia nyata bisa berupa sungai, pegunungan, bukit, dan jalan. Namun, siapa sangka nih, guys, bahwa ada perbatasan negara yang membingungkan banget.

Kenapa bikin orang bingung? Ceritanya dibuat simpel dulu, di dalam wilayah negara A bisa terdapat wilayah negara B, kemudian di dalam wilayah negara B itu ada wilayah negara A lagi. Kira-kira seperti itulah membingungkannya!

Nah, berikut ini ada 5 perbatasan paling rumit sedunia, dilansir dari mentalfloss.com (19/09/2013).

1. India dengan Bangladesh.

Bangladesh dan India

Loading...

Negara di Asia Selatan ini rupanya punya masalah perbatasan yang kompleks banget. Distrik Cooch-Behar terletak di perbatasan Bangladesh dengan India. Di masing-masing wilayah kedua negara ada wilayah negara lainnya. Di wilayah India terdapat 71 wilayah kecil milik Bangladesh, dan sebaliknya ada 102 wilayah kecil India di Negara Bangladesh. 

Wilayah kecil

Tak sampai di situ guys, di dalam wilayah kecil, baik milik Bangladesh yang terkurung di dalam wilayah India juga ada wilayah India lagi, begitupun sebaliknya, wilayah kecil India yang terkurung dalam wilayah Bangladesh ada wilayah Bangladeshnya. Sederhananya bisa dibilang nih, di dalam wilayah India ada wilayah Bangladesh yang di dalamnya lagi ada wilayah India!

Bingung? Selain bingung, wilayah kecil itu kadang hanya seluas sepetak sawah saja! Tapi begitulah kenyataannya. Hingga akhirnya pada 2011 India dan Bangladesh sepakat buat ngijinin warga di wilayah perbatasan rumit itu masuk jadi warga negara mana dan menghilangkan wilayah negara lain dalam negaranya itu agar lebih sederhana. Karena kalau tetap sepert itu tentu akan capek urus paspor, bukan?

2. Perbatasan Belanda dan Belgia.

Perbatasan Belanda dan Belgia

Sama dengan India dan Bangladesh, perbatasan dua negara anggota Benelux ini juga rumit banget! Contohnya di kota Baarle. Di sini perbatasan Belanda dan Belgia memisahkan ruang dapur, kafe, ruang keluarga dan pekarangan. Selain itu juga ada wilayah Belanda di dalam Negara Belgia, dan sebaliknya!

Jadi kalau kamu lagi minum di kafe bisa saja temen satu mejamu sedang berada di negara lain. Ribetnya lagi, Belanda membuat aturan jam tutup kafe lebih awal daripada di Negara Belgia. Alhasil, kalau kamu nongkrong pas jam tutup kafe di Belanda, maka kamu disarankan angkat kursimu ke wilayah Belgia biar masih bisa lanjut nongkrongnya. Aduh, ribet kali ya, guys! Wilayah perbatasan ribet ini terjadi karena sejak zaman kerajaan, para adipati penguasa kota sering hanya menguasai wilayah kecil yang penting buat musuhnya saja tanpa menaklukkan wilayah secara keseluruhan!

3. Perbatasan AS dan Kanada.

Lokasi Northwest Angle

Siapa sangka kesalahan saat meraih kemerdekaan AS dulu ternyata bikin wilayah bernama Kota Angle milik AS ini berada di Kanada. Ini dimulai tahun 1787, ketika Perjanjian Paris ini menentukan wilayah AS dari Danau Woods sampai titik paling barat lautnya masuk jadi wilayah milik AS. 

Northwest Angle

Sayangnya peta yang dipakai tidak benar karena penggambaran danau berbentuk oval, sedangkan nyatanya bentuknya lebih rumit dan hulu Sungai Missisipi juga jauh ke selatan. Alhasil wilayah AS yang dikenal sebagai Northwest Angle ini sekarang terletak di Kanada. Padahal awalnya itu dikira sebagai danau perbatasan, yang sebenarnya adalah sebuah daratan.

Untuk ke Kota Angle dari darat, jika kamu dari AS maka mesti masuk Kanada dulu baru sampai di Kota Angle. Alhasil warga di wilayah seluas 318 km persegi itu mesti ke imigrasi Kanada saat mau ke AS dan saat masuk AS dari wilayah Kanada mereka ke imigrasi AS lagi. Hal ini karena mereka seperti datang dari luar negeri. Ribet, ya!

4. Perbatasan masa depan dan masa lalu di AS dan Rusia.

Perbatasan AS dan Rusia

Kenapa bisa dibilang bisa lihat masa depan? Karena zona waktu terbagi di perbatasan AS dan Rusia, tepatnya di Pulau Diomede Kecil milik AS dan Diomede Besar milik Rusia. Selain sebagai perbatasan negara, selat antara pulau ini adalah perbatasan tanggal internasional. 

Pulau Diomede Kecil AS

Jadi jika kamu berada di Pulau Diomede Besar, Rusia, maka kamu berada satu hari di masa depan bagi orang di Pulau Diomide Kecil milik AS. Dari kedua pulau ini hanya Diomede Kecil milik AS yang berpenghuni. Jadi kalau kamu baru bangun di libur hari Minggu di AS, kamu bisa lihat di seberang, yakni Pulau Diomede Besar sudah hari Senin. Wow! 

5. Wilayah perbatasan yang tak diinginkan!

Perbatasan Sudan - Mesir

Jika biasanya sebuah negara selalu senang bisa memperluas teritorinya, siapa sangka tidak demikian dengan Mesir dan Sudan. Saat kedua negara di bawah jajahan Inggris sebelum merdeka, Inggris membagi Sudan dan Mesir dengan batas Lintang Utara 22, di utara garis 22 wilayah Mesir dan di selatannya wilayah Sudan di tahun 1899.

Segitiga Hala'ib

Tahun 1902 sekelompok orang Inggris menggambar secara berbeda wilayah perbatasan Mesir dan Sudan. Sudan mendapat wilayah subur Segitiga Hala'ib di utara garis lintang utara 22, sedang Mesir malah dapat wilayah gersang Bir Tawil di selatan garis pararel 22. Alhasil sampai sekarang Mesir ngotot ingin wilayah Segitiga Hala'ib berdasar pemetaan 1899 dan Sudan juga sama berdasar gambaran dari peta tahun 1902. Sedangkan wilayah gersang Bir Tawil tidak ada yang mau mengakuinya! Wah wah, ribet nih!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red