Mayoritas orang pasti akan berfikir dua kali untuk mandi menggunakan air dingin, kecuali dalam keadaan yang memang memaksa untuk melakukan hal ini. Di satu sisi banyak dari kita yang lebih memilih untuk mandi dengan menggunakan air hangat atau panas. Padahal fakta pada sejarah manusia dapat mandi dengan air dalam kondisi apapun. Bahkan apabila melilhat bangsa Yunani yang mempelopori sistem pemanas untuk kamar mandi publik, akan tetapi banyak masyarakat Yunani yang tetap mandi dengan air dingin untuk mendapatkan kesehatan.

Inilah beberapa keuntungan mandi menggunakan air dingin yang belum banyak di ketahui banyak orang, dikutip dari iheartintelligence.com, Selasa (19/6).

1. Dapat menjaga berat badan ideal dan membakar lemak

Jarang disadari, ini lho 5 keuntungan mandi pakai air dingin

Menurut peneliti dari Skandinavia menemukan bahwa suhu dingin dapat meningkatkan rasio metabolism tubuh hingga 15 kali lipat, yang mana bisa membua seseorang menjadi lebih mudah unuk membakar lemak berlebih dalam tubuh, akan tetapi harus juga diimbangi dengan olahraga teratur dan menjaga asupan makanan yang bergizi serta kuailtas istirahat yang cukup.

2. Meningkatkan pemulihan setelah latihan kebugaran atau beraktivitas berat

Jarang disadari, ini lho 5 keuntungan mandi pakai air dingin

Bahkan seorang atlet juga melakukan mandi menggunakan air es setelah melakukan latihan yang cukup berat sehingga dapat memulihkan rasa sakit. Tapi anda tidak harus memaksakan sampai ahap ini, cukup dengan melakukan dengan air dingin saja sudah cukup untuk mendapatkan keuntungan ini .

3. Meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan

Jarang disadari, ini lho 5 keuntungan mandi pakai air dingin

Disaat anda mandi menggunakan air dingin, pada saa air dingin menyentuh tubuh anda maka anda akan spontan unuk bernapas lebih dalam karena terkejut dengan dingin ( ini artinya tubuh anda sedang mencoba menjaga kehangatan tubh anda dengan cara meningkatkan jumlah oksigen yang masuk). Detak jantung anda juga akan meningkat, yang menghasilkan lancarnya peredaran darah pada tubuh anda sehinga dapat membuat anda lebih berenergi untuk beraktivitas.

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh dan peredaran darah

Jarang disadari, ini lho 5 keuntungan mandi pakai air dingin

Dengan adanya peningkatan metabolisme tubuh juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, yang mana akan melepaskan anti-virus sel darah putih yang akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Mandi menggunakan air dingin juga meningkatkan peredaran darah, dimana dapat mencegah anda terkena hipertensi danpengerasan ada pembuluh arteri.

5. Membuat kulit dan rambut lebih sehat

Jarang disadari, ini lho 5 keuntungan mandi pakai air dingin

Jika anda berkeinginan mengurangi jerawat, maka mandi dengan air dingin adalah salah satu solusinya. Air panas justru akan membuat kulit anda kering, sedangkan air dingin akan mengencangkan kulit dan pori pori. Anda juga bisa melakukan mandi dengan air dingin untuk membuat rambut anda lebih menarik seperti lebih berkilau dan tidak mudah rontok.

Memang tidak mudah untuk memulai sesuatu yang jarang dilakukan, akan tetapi sebuah perjalanan panjang pasti berawal dari satu langkah kecil. Silahkan terapkan hal hal baik didalam kehidupan anda, karena kebiasaan anda hari ini akan berpegaruh pada masa depan anda.