Kunyit merupakan rempah yang sudah tak asing lagi bagi kita, terutama di Indonesia. Kunyit sering ditemukan di dapur sebagai bahan campuran atau bumbu untuk masakan. Namun di balik kegunaannya sebagai bumbu masak, kunyit ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah 5 manfaat kunyit untuk kesehatan yang dilansir dari yurielkaim.com (31/7).

1. Baik untuk jantung.

5 Kelebihan ini akan terjadi jika mengonsumsi kunyit setiap hari

sumber : metrodove.com

Pertama, kunyit dapat mengurangi kolesterol total dan juga kadar kolesterol jahat (LDL, atau low-density lipoprotein) dalam darah. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi menstimulasi gen di hatimu untuk meningkatkan produksi reseptor LDL. Reseptor LDL ekstra itu mengikat LDL dalam darahmu dan membantu membersihkannya dari tubuh.

Kedua, kurkumin mencegah oksidasi kolesterol LDL. Ini penting karena kolesterol yang teroksidasi adalah pembunuh. Ini deposito pada dinding pembuluh darah, membentuk plak, yang bertanggung jawab untuk penyempitan dan pengerasan arteri. Dengan mengurangi oksidasi LDL, kunyit dapat membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Tak hanya itu, tetapi kelimpahan vitamin B6 dalam kunyit juga dapat membantu mengurangi kadar homocysteine dalam darah. Homocysteine dikaitkan dengan penumpukan plak, penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan timbulnya penyakit jantung.

2. Anti Imflamasi (Peradangan).

5 Kelebihan ini akan terjadi jika mengonsumsi kunyit setiap hari

Minyak esensial dan kurkumin dalam kunyit mempunyai sifat antibakteri, antijamur, antioksidan dan anti-inflamasi. Dalam beberapa penelitian, kunyit telah menunjukkan kemampuan untuk mengurangi rasa sakit dan radang radang sendi, nyeri otot, nyeri sendi dan sakit gigi serta membantu menyembuhkan luka dan memar.

Juga, kualitas antioksidan kuatnya memerangi radikal bebas dalam darah. Ini penting karena radikal bebas menciptakan kerusakan di dalam tubuh. Kunyit juga dapat membantu orang yang menderita penyakit radang usus. Dan dijadikan obat yang sangat ampuh untuk jerawat.

3. Anti Kanker.

5 Kelebihan ini akan terjadi jika mengonsumsi kunyit setiap hari

sumber :kitajskamedicina.si

Selama beberapa dekade terakhir, penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kunyit atau kurkumin adalah agen anti-kanker yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kunyit ketika datang untuk melawan kanker, di antaranya mencegah kanker, memperlambat penyebarannya, menghentikan perubahan prakanker dari menjadi kanker penuh, serta membuat pengobatan kemoterapi lebih efektif dan melindungi sel selama radiasi.

4. Menringankan Cystic Fibrosis.

5 Kelebihan ini akan terjadi jika mengonsumsi kunyit setiap hari

sumber : mediagatenews.com

Cystic fibrosis (CF), penyakit genetik yang fatal, menyumbat paru-paru dengan lendir yang tebal, tak hanya membuatnya sulit untuk bernafas. tetapi merusak pencernaan dan menghentikan penyerapan vitamin oleh organ yang tersumbat. CF juga dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat bekerja pada tingkat sel untuk mencegah penumpukan lendir. Dalam studi yang dilakukan, juga telah terbukti memperbaiki cacat genetik yang menyebabkan penyakit.

5. Perlindungan alami terhadap penyakit Alzheimer.

5 Kelebihan ini akan terjadi jika mengonsumsi kunyit setiap hari

sumber : indiatoday.in

Kunyit juga bermanfaat untuk memerangi penyakit neurologis mulai dari Alzheimer's Disease dan demensia hingga multiple sclerosis (MS). Beberapa penelitian telah mengevaluasi efek kurkumin dari semua bagian ketika datang ke penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf.

Dan jika kamu tertarik untuk mencobanya, inilah resep jamu kunyit sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan.

1. 4 gelas air

2. 1 sendok teh kunyit bubuk/parutan kunyit

3. Lemon atau madu (atau keduanya) untuk ditambahkan pada tahap akhir

Cara membuat jamu kunyit.

1. Rebus 4 gelas air sampai mendidih

2. Masukkan 1 sendok teh kunyit ke air yang sedang mendidih

3. Kecilkan api dan biarkan air yang sudah dicampur kunyit tersebut mendidih selama sekitar 10 menit

4. Matikan api dan saring air kunyit tersebut menggunakan saringan yang halus

5. Tuangkan hasil saringan tersebut ke dalam gelas dan tambahkan lemon atau madu sesuai selera

Selamat mencoba!