×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 4 aliran yang memengaruhi perkembangan musik jazz hingga kini

0

Musik

Inilah 4 aliran yang memengaruhi perkembangan musik jazz hingga kini

Jazz itu memang unik dan bisa muncul menjadi suatu harmoni dalam genre musik Rock, RnB, bahkan Pop.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

30 / 09 / 2019 10:16

Kamu setuju dong kalo musik Jazz itu emang gak ada matinya. Musik yang dipopulerkan oleh warga Afro-Amerika di akhir abad 19 dan awal abad 20 ini bisa berinteraksi dengan berbagai jenis aliran musik, mulai dari Rock, RnB, hingga Pop.

Nah, menurut kurator The Papandayan (TP) Jazz Fest 2019, Venche Manuhutu mengatakan musik jazz di Indonesia termasuk di Kota Bandung, berkembang dengan pesat sehingga setiap tahun kami membuat sesuatu yang berbeda, termasuk menghadirkan musisi dari berbagai aliran jazz. "Melalui TP Jazz Fest 2019, diharapakan akan memperkaya khasanah musik jazz Indonesia", ujar Vance saat ditemui di Bandung.

Wih seru ya, lantas sejak kelahiran jazz sampai saat ini, ada aliran apa saja? Penasaran? Yuk kita simak bersama di bawah ini.

1. Ragtime.

Pixabay

Loading...

Aliran musik jazz ini tidak bisa dilepaskan dari pianis Tommy Turpin yang menulis Harlem Rag di tahun 1892. Ciri khas dari aliran ragtime ini adalah tidak adanya aura blues ataupun improvisasi. Antara kurun waktu 1897-1918, ragtime mengalami masa kejayaan. Buat kamu yang penasaran sama ragtime, bisa menikmatinya melalui karya musisi Scott Joplin.

2. Dixieland.

tpjazzbandung

Dixieland, atau dikenal juga dengan istilah early jazz (jazz awal) dan Jazz New Orleans ini diperkenalkan oleh band New Orleans di tahun 1910. Aliran ini kemudian berkembang ke kota Chicago dan New York.

Ciri khas dari aliran dixieland ini adalah improvisasi kolektif dan permainannya yang emosional. Aliran musik ini berkembang luas antara tahun 1940-1950. Aliran musik ini bisa kamu nikmati melalui sejumlah karya dari musisi Eddie Condon, Bud Freeman, dan Jimmy McPartland.

3. Swing.

Pixabay

Nah, kalau dalam aliran musik swing yang mulai berkembang di awal tahun 1920-an ini punya ciri alat musik tiup yang dominan dan improvisasi melodi. Sehingga di tahun 1935, swing menjadi aliran musik tersendiri.

Aliran jazz swing ini dikenal luas pada akhir tahun 1930 hingga awal tahun 1940-an. Namun sempat meredup pada masa PD II meletus. Aliran jazz swing ini bisa kamu nikmati melalui karya musisi Duke Ellington, Frank Sinatra, Benny Goodman, dan Ella Fitzgerald.

4. Kansas City Jazz.

Inilah 4 aliran yang memengaruhi perkembangan musik jazz hingga kini

Nah, kalau aliran jazz ini mulai dikenal luas pada tahun 1930-an. Bermula dari Kota Kansas di Amerika Serikat, aliran ini terus berkembang hingga memengaruhi dan menjadi kiblat musik jazz modern. Ciri khas dari aliran ini adalah sangat soulfull dan blues, di mana hal ini tidak terlepas dari kelahiran aliran ini pasa masa The Great Depression sekitar tahun 1930-an. Aliran musik ini bisa kamu nikmati dari sejumlah karya musisi jazz seperti Charlie Parker.

Nah, itu tadi 4 aliran musik jazz yang memengaruhi perkembangan musik jazz hingga saat ini. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red