×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi

0

Kesehatan

Inilah 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi

Mengonsumsi kopi paling baik saat produksi hormon kortisol rendah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

17 / 09 / 2018 17:21

Selama ini mungkin kamu menganggap waktu yang tepat untuk menikmati segelas kopi adalah di pagi hari. Saat pagi hari adalah waktu untuk rutinitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga dianggap akan lebih mudah kalau mendapat suntikan kafein sebelumnya.

Rasanya begitu nikmat minum kopi di pagi hari, apalagi ditambah kalau ada kudapan lezat. Pas banget! Tapi pernah nggak sih kamu berpikir kapan waktu yang tepat untuk minum kopi dan menyesapi kenikmatannya? Kenapa udah ngopi tapi masih saja merasa ngantuk?

Dilihat dari sisi medis, minum kopi di pagi hari justru tak bagus untuk metabolisme tubuh lho. Sejumlah alasan dikemukakan oleh Lyndi Cohen, ahli gizi asal Sydney, Australia. Nah, agar minum kopi menjadi aktivitas yang baik untuk tubuhmu, ada 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi.

1. Minumlah kopi saat produksi hormon kortisol rendah. 

Inilah 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi

Loading...

Foto: Merah Muda.com

Kopi baiknya dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan pagi hari biasanya hormon ini berada pada puncaknya. Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Fungsi lainnya, membantu mengubah cadangan energi menjadi gula agar mudah dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar. 

Fungsi ini mirip dengan yang akan kamu dapat ketika mengonsumsi kafein. Itulah sebabnya jika tingginya kortisol bertabrakan dengan kafein, akan ada fungsi ganda antara kafein dan kortisol, sehingga manfaat kopi jadi tidak efektif. Hal ini mungkin menjawab pertanyaan kenapa seseorang bisa kecanduan minum kopi di pagi hari. Karena kamu butuh lebih banyak kafein untuk mengungguli tingginya hormon kortisol.

Secara umum, ada tiga waktu saat hormon kortisol mencapai puncaknya. Yakni sekitar pukul 8.00–9.00, pukul 12.00–13.00, dan terakhir pada pukul 18.00–19.00.

2. Pertengahan pagi (09.30 -11.30).

Inilah 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi

Foto: Coffindo.id

Sebaiknya kamu menahan diri agar tidak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Biasanya pukul 09.30-11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. Saat inilah kafein akan bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa "awas" yang sudah mulai kendor.

Sesi minum kopinya sebaiknya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00. Jika ingin tetap mengonsumsi kafein, maka kamu bisa mengganti kopi dengan teh.

3. Sebelum olahraga.

Inilah 3 waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi

Foto: Vebma.com

Minum kopi sebelum berolahraga ternyata juga punya manfaat. Efeknya, kamu bisa mengangkat beban lebih berat atau berlari lebih cepat. Sudah banyak studi menunjukkan pengaruh kopi terhadap peningkatan performa dan energi karena cepat diserap aliran darah. Sebaiknya konsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapat hasil yang maksimal. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen, ini membantu kamu membakar lemak.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red