Kamu mungkin berpikir bahwa dengan membunuh serangga, hidup kita akan lebih baik. Tanaman para petani akan aman dan kita tidak perlu khawatir akan para serangga yang sering masuk rumah tanpa izin kita sebagai pemiliknya. Namun tahukah kamu apa jadinya dunia ini tanpa serangga? Dilansir dari BBC knowledge, berikut adalah 3 peristiwa yang akan terjadi jika tak ada serangga di dunia ini.

1. Putusnya rantai makanan.

Ini yang terjadi jika tak ada serangga di muka bumi

Hampir semua rantai makanan yang ada di daratan tergantung pada serangga. Hampir semua burung memakan serangga, meskipun ada burung yang makan biji-bijian, tetapi tetap saja mereka memberi makan anak-anaknya dengan serangga. Burung walet saja memerlukan 20.000 serangga agar bisa tumbuh hingga dewasa. Serangga juga membantu menguraikan tumbuh-tumbuhan yang telah mati dan membantu mendaur ulang nutrien ke dalam tanah. Tanpa adanya serangga, dapat dipastikan bahwa hampir seluruh burung dan spesies amfibi akan punah hanya dalam waktu 2 bulan.

2. Tidak terjadi penyerbukan.

Ini yang terjadi jika tak ada serangga di muka bumi

75% dari seluruh tanaman pangan yang ada di muka bumi ini memerlukan serangga untuk membantu penyerbukan. Meskipun masih ada tanaman pangan yang dapat tumbuh tanpa dibantu oleh serangga, kamu harus siap untuk melupakan bawang, kubis, brokoli, cabe, tomat, kopi, koko, dan hampir semua buah-buahan.

3. Insektisida tidak lagi diperlukan.

Ini yang terjadi jika tak ada serangga di muka bumi

Sisi baiknya, jika tidak ada lagi serangga, kamu tidak akan lagi membutuhkan 430.000 ton insektisida yang disemprotkan ke tanaman pangan setiap tahunnya. Di Amerika Serikat, residu dari pestisida menyebabkan kanker. Angka kejadiannya mencapai 4.000 hingga 20.000 setiap tahunnya menurut data dari National Academy of Sciences. Namun angka ini sangatlah kecil jika dibandingkan dengan punahnya ekologis dan kelaparan global yang akan terjadi apabila tidak ada serangga.

Itulah tiga hal yang akan langsung terjadi apabila kamu membunuh semua serangga. Ketiga kejadian tersebut adalah awal dari malapetaka karena ketiganya akan memberikan efek domino pada seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Kesepian, kelaparan, krisis, kepunahan masal, dan kematian adalah kejadian-kejadian besar yang akan menyusul.